Mayang Nur Yulia, 175060101 (2021) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover.pdf Download (94kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan.pdf Download (138kB) | Preview |
|
|
Text
7. Abstrak (B. Indonesia).pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
8. Abstract (B. Inggris).pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
9. Abstrak (B. Sunda).pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB I.pdf Download (178kB) | Preview |
|
|
Text
16. BAB II.pdf Download (228kB) | Preview |
|
Text
17. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
Text
18. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (358kB) |
||
Text
19. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (88kB) |
||
|
Text
20.Daftar Pustaka.pdf Download (172kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui analisis dari studi literatur berkenaan dengan penggunaan model pembelajaran inkuri mengenai hasil belajar peserta didik di sekolah dasar. Berdasarkan hasil penelitian terdahulu, menjelaskan bahwa hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah yang disebabkan oleh belum tepatnya pemilihan model pembelajaran yang digunakan serta kurangnya pemahaman peserta didik pada konsep dasar pembelajarannya. Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk membuat pembelajaran dapat dilaksanakan dengan baik dan bisa meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dengan menggunakannya pembelajaran menjadi menarik dan menyenang kan bagi peserta didik, karena pembelajaran berpusat pada peserta didik dan membuat peserta didik terlibat secara langsung untuk memecahkan masalah secara analitis, logis, kritis dan sistematis yang dilakukan dengan langkah-langkah ilmiah, maka hal tersebut membuat adanya peningkatan pada pemahaman konsep dasar pada peserta didik. Hal tersebut didukung dengan langkah-langkah pelaksanaanya sebagai berikut : Orientasi; Merumuskan masalah; Merumuskan hipotesis; Mengumpulkan data; Menguji Hipotesis; dan Merumuskan kesimpulan. Model pembelajaran inkuiri berpengaruh pada hasil belajar peserta didik, baik pada kognitif, afektif dan psikomotorik. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian kualitatif, dengan jenis pendekatan penelitian studi literatur atau kepustakaan. Sumber data yang dipakai yaitu data primer dan data sekunder berupa jurnal, buku-buku, perpustakaan daring, dan karya ilmiah. Pengumpulan data pada studi literatur, dikumpulkan lalu diolah dengan cara editing, organizing, dan finding. Hasil analisi data dengan cara deduktif, induktif, komparatif, dan interpretatif. Hasil analisis dari jurnal-jurnal yang dikaji menjelaskan adanya peningkatan yang signifikan pada hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri. Kata Kunci : Model Pembelajaran Inkuiri, Hasil Belajar, Studi Literatur
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 21 Oct 2021 06:16 |
Last Modified: | 21 Oct 2021 06:16 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53241 |
Actions (login required)
View Item |