RINA SUMIATI, 175060107 (2021) PARTISIPASI ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI ANAK BELAJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF (Penelitian Survey terhadap Peserta Didik Kelas III SD di Kecamatan Cangkuang pada Masa Pandemi Covid 19). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (210kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (12MB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (12MB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (12MB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Peningkatan hasil belajar kognitif dapat di pengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah partisipasi orang tua dalam mendampingi anak belajar. Selain itu partisipasi orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah sangat dibutuhkan di masa pandemi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dampak partisipasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas III SD yang ada di Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Peneliti ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survey. Penelitian ini dilaksanakan di dua puluh tiga sekolah dasar negeri dan swasta yang ada di Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Instrument yang digunakan berupa angket skala likert dengan bantuan google form. Teknik penelitian ini menggunakan angket. Populasi dari penelitian ini berjumlah 1.188 orang tua peserta didik, Teknik pengambilan sampel menggunakan Simple Random Sampling sehingga sampel yang diperlukan sebanyak 299 orang tua peserta didik dan hasil nilai ulangan harian peserta didik kelas III SD yang ada di Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji regresi linear sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di dua puluh tiga sekolah dasar negeri dan swasta yang ada di Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung diperoleh hasil bahwa terdapat pengaruh positif yang terjadi antara partisipasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar kognitif, hal ini dapat dibuktikan dengan nilai Fhitung= 0,268 dengan signifikansi sebesar 0,605 memiliki nilai lebih besar dari (≥) nilai 0,05. Adapun dampak yang diberikan dari partisipasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas III SD yang ada di Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung sebesar 0,1%. Hal ini dibuktikan dengan nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,001. Berdasarkan hasil penelitian Ho penelitian dapat diterima, karena tidak ada dampak yang signifikan dari partisipasi orang tua dalam meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik kelas III SD yang ada di Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. Kata kunci: partisiasi orang tua, hasil belajar kognitif
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 16 Oct 2021 07:05 |
Last Modified: | 16 Oct 2021 07:05 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53149 |
Actions (login required)
View Item |