PENGARUH MEDIA PEMBELAJAR DARING GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Peserta didik Kelas Lintas Minat X MIPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung)

Annisa Puspita Sari Yuhandi, 175020023 (2021) PENGARUH MEDIA PEMBELAJAR DARING GOOGLE CLASSROOM TERHADAP KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK (Survey Pada Peserta didik Kelas Lintas Minat X MIPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf

Download (208kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. ABTRACT - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKESAN - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB I - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB II - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf

Download (689kB) | Preview
[img] Text
16. BAB III - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (484kB)
[img] Text
17. BAB IV - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (839kB)
[img] Text
18. BAB V - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (199kB)
[img]
Preview
Text
19. DAFTAR PUSTAKA - Annisa Puspita Sari Yuhandi.pdf

Download (195kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Judul penelitian yang dilakukan yaitu pengaruh media pembelajaran daring google classroom terhadap kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (i) untuk mengetahui media pembelajaran daring google classroom pada mata pelajaran ekonomi di kelas X MIPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung, (ii) untuk mengetahui kemandirian belajar peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung, dan (iii) untuk mengetahui besarnya pengaruh media pembelajaran daring google classroom terhadap kemandirian belajar peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu sebanyak 34 orang peserta didik dan memperoleh data dengan cara wawancara, studi dokumen, dan angket. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan metode kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media pembelajaran google classroom di kelas X MIPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung berdasarkan kriteria penafsiran sudah sangat baik yaitu dengan memperoleh hasil angket rata-rata sebesar 4,20, tingkat kemandirian pada peserta didik kelas X MIPA 2 SMA Pasundan 2 Bandung juga berdasarkan kriteria penafsiran sudah sangat baik dengan memperoleh hasil angket rata-rata sebesar 4,14, dan setelah melakukan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai thitung 9,698 > ttabel 0,3291 dengan taraf signifikan 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak dapat diartikan bahwa variabel media pembelajaran google classroom berpengaruh signifikan terhadap kemandirian belajar peserta didik, selain itu pada uji koefesien determinasi menunjukan adanya pengaruh media pembelajaran google classroom terhadap kemandirian belajar peserta didik sebesar 74,6% yang artinya sangat berpengaruh sangat kuat berdasarkan kriteria penafsiran . Penliti menyarankan kepada pihak-pihak terkait yaitu : (i) bagi peserta didik diharapkan dapat mengoptimalkan penggunaan media pembeajaran google classroom tersebut dalam proses pembelajaran agar terus dapat meningkatkan kemandirian belajar yang lebih baik lagi, (ii) bagi guru diharapkan dapat meningkatkan profesionalisme serta kompetensi guru dengan cara pengoptimalan pengunaan media pembelajaran google classroom dan meningkatkan metode pengajaran yang lebih efektif dan efesien, (iii) bagi sekolah diharapkan kepada sekolah untuk meningkatkan fasilitas media pembelajaran untuk menunjang guru mengajar dan perluas jaringan komunikasi telekomunikasi agar pemberian kuota pemerintah dapat dibagikan secara tepat waktu dan merata kepada setiap guru maupun peserta didik serta memberikan arahan dan dukungan kepada guru mengajar , dan (iv) bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggali dan mengembangkan lebih dalam mengenai media pembelajaran google classroom dan kemandirian belajar pesera didik pada proses belajar mengajar secara daring maupun luring disekolah Kata kunci : media pembelajaran, google classroom , kemandirian belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2021
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Oct 2021 06:05
Last Modified: 13 Oct 2021 06:05
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53097

Actions (login required)

View Item View Item