SALLY IRNAWATI TAQIAH, 175060080 (2021) ANALISIS PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1 COVER.pdf Download (40kB) | Preview |
|
|
Text
20 LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
7 ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
8 ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9 RINGKESAN.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
13 BAB I.pdf Download (331kB) | Preview |
|
|
Text
14 BAB II.pdf Download (242kB) | Preview |
|
Text
15 BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (286kB) |
||
Text
16 BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) |
||
Text
17 BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (96kB) |
||
|
Text
18 DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (353kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep, penerapan dan kendala, serta pengaruh metode pembelajaran tutor sebaya terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik yang disebabkan pembelajaran masih didominasi oleh guru, sehingga terkadang peserta didik kurang memahami materi yang disampaikan serta tidak aktif dalam mengikuti pembelajaran. Dengan bantuan peserta didik yang menjadi tutor sebaya dalam belajar akan meningkatkan keaktifan peserta didik dan memudahkan peserta didik dalam memahami materi yang diajarkan. Maka dari itu peneliti akan mencoba menganalisis metode pembelajaran tutor sebaya terhadap hasil belajar peserta didik sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif dengan metode studi literatur. Adapun teknik yang digunakan untuk memperoleh data dari penelitian ini yaitu teknik analisis data yang di dalamnya terdapat analisis komparatif, interpretatif, induktif, dan deduktif. Kesimpulan penelitian ini yaitu metode pembelajaran tutor sebaya merupakan metode pembelajaran yang menugaskan peserta didik yang memiliki kemampuan lebih untuk membantu peserta didik lain yang mengalami kesulitan belajar dalam satu kelompok. Penerapan metode pembelajaran tutor sebaya selain mengandalkan kemampuan peserta didik yang berprestasi, pembelajaran ini dilakukan secara berkelompok sehingga kerjasama peserta didik dalam pembelajaran meningkat. Peran guru sebagai fasilitator dan peran peserta didik yang menjadi tutor serta penggunaan media membuat pembelajaran berlangsung dengan baik dan hasil belajar meningkat. Hasil penelitian menunjukkan dari beberapa analisis bahwa terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik dengan digunakannya metode pembelajaran tutor sebaya. Kata Kunci: Metode Pembelajaran Tutor Sebaya, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:22 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53066 |
Actions (login required)
View Item |