Puja Ningrum, Nurani (2021) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KAHOOT PADA MASA PANDEMI COVID-19 (Penelitian Kuasi Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN 164 Karangpawulang Bandung di Masa Pandemi Covid-19). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (51kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (30kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I NURANI PUJA .pdf Download (153kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II NURANI PUJA.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text
BAB III NURANI PUJA.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
BAB IV NURANI PUJA.pdf Restricted to Repository staff only Download (429kB) |
||
Text
BAB V NURANI PUJA.pdf Restricted to Repository staff only Download (35kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan untuk : 1) Untuk memperoleh gambaran mengenai hasil belajar siswa sekolah dasar pada kelas IV SDN 164 Karangpawulang Bandung. 2) Untuk memperoleh hasil belajar siswa dengan menggunakan media Kahoot pada siswa sekolah dasar kelas IV SDN 164 Karangpawulang Bandung. 3) Untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan hasil belajar siswa sekolah dasar kelas IV SDN 164 Karangpawulang Bandung dengan menggunakan media Kahoot di masa pandemi Covid-19. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang dilakukan dengan sistem dalam jaringan (daring) dan kurangnya pemanfaatan teknologi digital. Media pembelajaran menjadi salah satu komponen penting untuk menunjang hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN 164 Karangpawulang Bandung. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa, yaitu kelas IVA sebagai kelas kontrol dan kelas IVD sebagai kelas eksperimen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi eksperiment dengan bentuk Pretest-protest control grup desain. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, dengan teknik pengolahan data uji normalitas, uji homogenitas, uji-t dan uji N-Gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan media pembelajaran Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Hasil uji-t menunjukkan nilai signifikasi sebesar 0,005<0,05 yang diartikan bahwa Ho ditolak atau terdapat pengaruh penggunaan media Kahoot terhadap hasil belajar siswa pada masa pandemi Covid-19. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen memperoleh peningkatan sebesar 35,12% dan kelas kontrol sebesar 18,12%. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Kahoot dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa sekolah dasar kelas IV SDN 164 Karangpawulang Bandung. Kata kunci : Media Kahoot, Hasil belajar siswa
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 12 Oct 2021 07:09 |
Last Modified: | 12 Oct 2021 07:09 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/53064 |
Actions (login required)
View Item |