ANALISIS TENTANG PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka)

Albarina, Nova (2021) ANALISIS TENTANG PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA (Analisis Deskriptif Kualitatif Dengan Teknik Studi Pustaka). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI FINISH.pdf

Download (12kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (75kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (470kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (425kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (242kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (542kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (258kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari peneliti yaitu untuk mengkaji sebuah literature atau studi pustaka tentang penggunaan model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu editing, organizing, dan finding. Teknik analisis data yaitu deduktif dan interpretative. Dalam hal ini hasil belajar merupakan perubahan suatu tingkah laku siswa yang bisa diamati atau diukur dalam bentuk pengetahuan. Hasil belajar yang akan meningkat dengan adanya interaksi suatu pembelajaran yang menarik anatar guru dengan siswa. Salah satu model yang akan meningkatkan hasil belajar siswa yaitu model problem based learning. Model problem based learning ini menekankan siswa untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang diberikan oleh guru agar siswa bisa memecahkan masalah yang akan ia hadapinya. Karakteristik model ini yaitu setiap awal pembelajaran selalu dilakukan dengan adanya sebuah masalah dimana anak bisa dengan aktif dan lebih berfikir kreatif lagi dalam kemampuan berfikirnya. Kelebihan model ini juga dimana bisa meningkatkan rasa percaya diri siswa dan juga membantu siswa untuk meningkatkan kemampuan berfikirnya. Langkah-langkah yang akan dilakukan yaitu memberikan orientasi tentang suatu permasalahan kepada siswa, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing siswa dalam individu maupun berkelompok, mengembangkan dan juga menyajikan hasil karya siswa. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa dengan menggunakan model problem based learning rata-rata meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya teori yang mendukung model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2021
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 07 Oct 2021 06:15
Last Modified: 07 Oct 2021 06:15
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52964

Actions (login required)

View Item View Item