YAYANG RATNA JUWITA PERMATA SARI, 175030054 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PERSUASIF DENGAN MEDIA IKLAN LAYANAN MASYARAKAT MELALUI MODA DARING EDMODO PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP PASUNDAN 1 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2020/2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengesahan.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (264kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (657kB) | Preview |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (103kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (325kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasif. Hal tersebut dikarenakan penggunaan media yang kurang bervariasi sehingga minat peserta didik pun kurang. Peserta didik menjadi kesulitan dalam menuangkan dan mengembangkan ide atau gagasannya. Adanya pandemi Covid-19 juga membuat pelaksanaan pembelajaran beralih menjadi daring. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian dengan mengaplikasikan media iklan layanan masyarakat pada pembelajaran menulis teks persuasif melalui moda daring Edmodo. Penelitian ini diharapkan dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menulis teks persuasif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain penelitian kuasi eksperimen. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII SMP Pasundan 1 Bandung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peneliti mampu merencanakan pembelajaran pada kelas eksperimen dengan memperoleh nilai sebesar 3,67 dan nilai pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,65 dengan nilai rata-rata sebesar 3,66 yang termasuk kategori sangat baik. Peserta didik kelas eksperimen mampu menulis teks persuasif dengan rata-rata perolehan nilai hasil prates sebesar 38,80 dan nilai pascates sebesar 85,50 serta dibuktikan dengan hasil statistik Uji Wilcoxon, yang menunjukkan bahwa hasil signifikansi yang diperoleh dari nilai prates dan pascates kelas eksperimen yaitu 0,000 < 0,05. Media iklan layanan masyarakat efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks persuasif. Hal itu dibuktikan dengan hasil statistik Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasinya yaitu 0,023 < 0,05. Adanya perbedaan yang signifikan dari kemampuan peserta didik kelas eksperimen dengan kelas kontrol dalam pembelajaran menulis teks persuasif. Hal itu dapat dilihat dari hasil belajar kelas eksperimen yang menunjukkan selisih prates dan pascates sebesar 46,70 sedangkan hasil belajar kelas kontrol menunjukkan nilai selisih prates dan pascates sebesar 34,35. Hal ini dibuktikan juga dengan hasil statistik Uji Mann Whitney yang menunjukkan hasil signifikansi yaitu 0,001 < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan media iklan layanan masyarakat efektif meningkatkan kemampuan menulis teks persuasif peserta didik di SMP Pasundan 1 Bandung dengan signifikan. Kata Kunci: Menulis, Teks Persuasif, Iklan Layanan Masyarakat, Edmodo
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 29 Sep 2021 07:03 |
Last Modified: | 29 Sep 2021 07:03 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52635 |
Actions (login required)
View Item |