DINDA DESI PERTIWI, 165030026 (2021) PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI BERFOKUS PADA POLA PENGEMBANGAN PROSES DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE PADA PESERTA DIDIK KELAS XI DI SMAN 12 BANDUNG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesaham.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ENGLISH.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V SIMPULAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (77kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (13kB) | Preview |
Abstract
Penilitian ini berawal dari masalah yang muncul mengenai pembelajaran menulis teks eksplanasi pada peserta didik sekolah menengah. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan kemampuan penulis menerapkan pembelajaran menulis teks eksplanasi berfokus pada pola pengembangan proses dengan menggunakan metode Picture and Picture, kemampuan peserta didik kelas XI di SMAN 12 Bandung dalam menulis teks eksplanasi berfokus pada pola pengembangan proses, pengaruh metode Picture and Picture terhadap peningkatan hasil pembelajaran menulis teks eksplanasi berfokus pada pola pengembangan proses peserta didik kelas XI di SMAN 12 Bandung. Berdasarkan dengan hal tersebut penulis tertarik melakukan penelitian yang berjudul “Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi Berfokus pada Pola Pengembangan Proses dengan Menggunakan Metode Picture and Picture pada Peserta Didik Kelas XI di SMAN 12 Bandung.” Penelitian ini dapat menjadi solusi bagi pendidik dalam memilih metode pembelajaran yang berkaitan dengan menulis teks eksplanasi di SMA. Adapun hasilnya: (1) Penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan menilai pembelajaran menulis teks eksplanasi berfokus pada pola pengembangan proses dengan menggunakan metode Picture and Picture pada peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung dengan tepat. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan hasil penilaian perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran menulis teks eksplanasi berfokus pada pola pengembangan proses dengan menggunakan metode Picture and Picture oleh pendidik mata pelajaran Bahasa Indonesia. Nilai yang diperoleh oleh penulis sebesar 3,43 dengan mendapatkan kategori baik; (2) Peserta didik kelas XI SMAN 12 sudah mampu menulis teks eksplanasi berfokus pada pola pengembangan proses. Hal tersebut dapat dibuktikan melalui nilai rata-rata prates sebesar 62,70 nilai tersebut masuk kedalam kategori kurang kompeten, sedangkan nilai rata-rata pascates sebesar 82,02 nilai tersebut termasuk ke dalam kategori kompeten. Jadi, selisih pada nilai rata-rata prates dan pascates yaitu 19,32. Hal tersebut membuktikan, bahwa kemampuan peserta didik kelas XI SMA Negeri 12 Bandung mengalami peningkatan; (3) Metode Picture and Picture berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi berfokus pada pola pengembangan proses pada peserta didik kelas XI SMAN 12 Bandung. Hal tersebut dapat dibuktikan pada hasil perhitungan statistik dengan hasil thitung > ttabel, yaitu 5,67 ≥ 2,82, pada tingkat kepercayaan 95% dan taraf signifikan 5%. Kata Kunci: Picture and Picture, Pola Pengembangan Proses, Teks Eksplanasi,
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2021 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 06:24 |
Last Modified: | 08 Sep 2021 06:24 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/52510 |
Actions (login required)
View Item |