TINA RIZQIYATI ROHIMAH, 165040072 (2021) PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MA PADA MATERI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
01. COVER.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
PENGESAHAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
03. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
02. ABSTRAK B. INGGRIS.pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
04. ABSTRAK B.SUNDA.pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
06. BAB I.pdf Download (117kB) | Preview |
|
|
Text
07. BAB II.pdf Download (602kB) | Preview |
|
Text
08. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (308kB) |
||
Text
09. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (583kB) |
||
Text
07. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (10kB) |
||
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (87kB) | Preview |
Abstract
Penggunaan media dalam pembelajaran menjadi hal yang perlu diprioritaskan saat pembelajaran menggunakan metode daring (dalam jaringan) dalam rangka memutus rantai virus COVID-19. Dalam penelitian ini, penulis memilih video animasi sebagai media pembelajaran. Disamping itu, peneliti juga ingin mengetahui tentang penggunaan media video animasi terhadap motivasi dan hasil belajar. Motivasi dan hasil belajar merupakan dua hal yang berbeda. Motivasi merupakan faktor dari dalam diri yang mendorong peserta didik untuk melakukan sesuatu. Hasil belajar adalah akibat dari proses pembelajaran tersebut. Sehingga, dalam judul ini bisa menghubungkan media video animasi terhadap motivasi dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental Design tipe Non-equuivalent Control Grup Design with Pre-Test and Post-Test. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 dengan jumlah total 27 peserta didik. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dengan menggunakan sampling purposive. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi untuk mengetahui aktivitas belajar peserta didik pada saat pembelajaran berlangsung. Alat yang digunakan dalam penelitian ini terdapat 2 (dua), yaitu angket untuk mengetahui motivasi belajar, dan tes butir soal untuk mengetahui hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan rumus N-gain, dan uji MANOVA. Dari hasil n-gain menunjukan angka 0,49 kategori sedang, pada uji MANOVA menunjukan sig. 0,017 yang berarti video animasi mempunyai pengaruh signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar. Kata Kunci: Video Animasi, Motivasi Belajar, Hasil belajar, Sel.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 20 Apr 2021 07:29 |
Last Modified: | 20 Apr 2021 07:29 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51677 |
Actions (login required)
View Item |