RENA TRIANA DEWI, 165060032 (2021) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA RUMAH BELAJAR TERHADAP BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SDN PAMOYANAN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (171kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (241kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (115kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (218kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran Tema 9 Kayanya Negeriku di Kelas IV SDN Pamoyanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran tentang efektivitas perencanaan, pelaksanaan dan hasil penggunaan media rumah belajar terhadap berpikir kritis siswa kelas IV SDN Pamoyanan Tema 9 Kayanya Negeriku. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen deskriptif. Penelitian ini menggunakan sampel sebagai kelas kontrol sebanyak 25 siswa kelas IV A dan sebagai kelas eksperimen sebanyak 20 siswa kelas IV B SDN Pamoyanan. Sebelum diberi perlakuan sampel penelitian diberi pre test dengan maksud untuk mengetahui pencapaian awal, serta di bagian akhir diberi post test untuk mengetahui pencapaian akhir. Perlakuan (treatment) yang diberikan adalah penggunaan media rumah belajar. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media rumah belajar berpengaruh signifikan dari APKG 1 kelas kontrol dengan rata-rata 2,20 dengan predikat cukup baik dan kelas eksperimen kembali naik dengan rata-rata 3,88 dengan predikat baik. APKG 2 kelas kontrol dengan rata-rata 2,74 dengan predikat cukup baik dan kelas eksperimen kembali naik dengan rata-rata 4,10 dengan predikat sangat baik. Hasil skor rata-rata pre test kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol adalah 70 dan kelas eksperimen adalah 75. Sementara Hasil skor rata-rata post test kemampuan berpikir kritis siswa kelas kontrol adalah 72 dan kelas eksperimen adalah 77. Selain menyusun aktivitas-aktivitas yang harus dilakukan oleh siswa, penggunaan media pembelajaran yang bervariatif akan membantu siswa untuk bisa mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis mereka dan mereka akan lebih kreatif membuat media pembelajaran sendiri sehingga pembelajaran yang mereka ikuti menjadi lebih bermakna. Kata kunci: media rumah belajar, berpikir kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 31 Mar 2021 06:30 |
Last Modified: | 31 Mar 2021 06:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/51117 |
Actions (login required)
View Item |