SUFANTI ARIYANTI, 165060110 (2021) ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (65kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (244kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (31kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (217kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (153kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (116kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (185kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang sering muncul dalam pembelajaran berdasarkan analisis jurnal yaitu hasil belajar rendah karena penggunaan model pembelajaran kurang bervariatif. Dalam hal ini siswa tidak dilibatkan secara langsung dalam pembelajaran. Untuk memperbaiki hal tersebut, dapat dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran, salah satunya model pembelajaran problem based learning. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan konsep, strategi, dan hubungan model pembelajaran problem based learning dengan hasil belajar siswa sekolah dasar. Jenis penelitian yang digunakan yaitu studi kepustakaan atau studi literatur, dengan cara menganalisis jurnal penelitian dan buku yang relevan dengan judul yang diangkat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model problem based learning merupakan model pembelajaran yang penerapannya dimulai dengan memberikan masalah di awal pembelajaran untuk mendorong keaktifan siswa mengikuti setiap kegiatan pembelajaran dalam pemecahan masalah. Strategi model problem based learning dalam meningkatkan hasil belajar yaitu dengan membagi pembelajaran kedalam lima fase diantaranya orientasi siswa pada masalah, mengorganisasikan siswa untuk belajar, membimbing penyelidikan individu maupun kelompok, mengembangkan dan menyajikan hasil karya, serta menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Pembelajaran yang berpedoman pada langkah-langkah dan sintak model problem based learning menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar. Hal ini terlihat dari hasil analisis yang menunjukkan rata-rata hasil belajar dari 12 jurnal setelah menggunakan model problem based learning sebesar 82,23. Dengan demikian terdapat hubungan antara hasil belajar siswa sekolah dasar dengan model problem based learning. Kata Kunci: hasil belajar, model problem based learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2020 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 17 Feb 2021 04:10 |
Last Modified: | 17 Feb 2021 04:10 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50824 |
Actions (login required)
View Item |