ANALISIS UNSUR TEKSTUALITAS CERAMAH USTAZ HANAN ATTAKI SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS XI

MOCHAMAD FADLI FADILLAH, 165030038 (2021) ANALISIS UNSUR TEKSTUALITAS CERAMAH USTAZ HANAN ATTAKI SEBAGAI ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK PESERTA DIDIK SMA KELAS XI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstract.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (397kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (574kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (316kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (704kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (229kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Ceramah adalah berbicara di depan umum yang berisi informasi atau pengetahuan yang dilakukan oleh ahli dalam bidangnya dengan tujuan untuk menambah pengetahuan dan memperluas pandangan. Ceramah termasuk ke dalam jenis wacana lisan. Suatu wacana dapat dikatakan sebagai wacana apabila mengandung unsur tekstualitas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah unsur tekstualitas yang terdapat dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki dan bagaimana unsur tekstualitas dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki dijadikan sebagai alternatif media pembelajaran di kelas XI SMA. Berdasarkan hal tersebut penulis tertarik untuk melakukakan penelitian dengan judul “Analisis Unsur Tekstualitas Ceramah Ustaz Hanan Attaki sebagai Alternatif Media Pembelajaran untuk Peserta Didik SMA Kelas XI”. Penulis merumuskan masalah dalam penelitian yaitu: 1) Bagaimanakah unsur koherensi yang terkandung dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki?; 2) Bagaimanakah unsur kohesi yang terkandung dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki?; 3) Bagaimanakah unsur maksud pengirim yang terkandung dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki?; 4)Bagaimanakah unsur keberterimaan yang terkandung dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki?; 5) Bagaimanakah unsur memberikan informasi yang terkandung dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki?; 6) Bagaimanakah unsur situasi pengujaran yang terkandung dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki?; 7) Bagaimanakah unsur intertekstualitas yang terkandung dalam ceramah Ustaz Hanan Attaki?; 8) Bagaimanakah penerapan hasil penelitian dalam proses pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas XI SMA? Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif yang meliputi dokumentasi dan analisis data yang bersifat kualitatif dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penulis menggunakan sumber data sekunder yaitu bukubuku, jurnal-jurnal, dan video ceramah Ustaz Hanan Attaki yang berjudul “Diam”. Hasil temuan menunjukkan bahwa ceramah Ustaz Hanan Attaki yang berjudul “Diam” mengandung 9 unsur koherensi, 23 unsur kohesi, 2 unsur maksud pengirim, 2 unsur keberterimaan, 11 unsur memberikan informasi, 1 unsur situasi pengujaran, dan 4 unsur intertekstualitas. Berdasarkan hasil temuan tersebut, video ceramah yang dianalisis dapat diterapkan sebagai alternatif media pembelajaran. Hal tersebut berdasarkan pernyataan dari ahli yang mengatakan bahwa hasil penelitian yang diterapkan dalam bentuk media pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran ceramah kelas XI SMA. Kata Kunci: ceramah Ustaz Hanan Attaki, unsur tekstualitas, media pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 22 Jan 2021 07:56
Last Modified: 22 Jan 2021 07:56
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50299

Actions (login required)

View Item View Item