PENGGUNAAN MEDIA AJAR INFOGRAFIS MELALUI GOOGLE CLASSROOM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL

Sandi Taufik Hidayat, 165040062 (2020) PENGGUNAAN MEDIA AJAR INFOGRAFIS MELALUI GOOGLE CLASSROOM DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1_COVER.pdf

Download (174kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. ABSTRACT.pdf

Download (9kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKESAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. BAB I.pdf

Download (146kB) | Preview
[img]
Preview
Text
16. BAB II.pdf

Download (670kB) | Preview
[img] Text
17. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (479kB)
[img] Text
18. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (709kB)
[img] Text
19. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
Text
20. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan siswa dalam memahami materi sel, keterbatasan media ajar serta kurangnya keterlibatan teknologi dalam pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan media ajar infografis melalui google classroom terhadap hasil belajar siswa pada materi sel serta respon siswa terhadap pembelajaran tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian One Group Pre-test Post-test design. Data penelitian didapatkan berdasarkan hasil pre test, post test, dan kuesioner. Hasil analisis data tersebut menunjukkan bahwa adanya peningkatan antara hasil nilai siswa sebelum dan sesudah menggunakan media ajar infografis melalui google classroom berdasarkan hasil perhitungan nilai n-gain setiap siswa. Dengan rincian nilai n-gain tertinggi sebesar 1,00 dan nilai n-gain terendah sebesar 0,53, serta diperkuat dengan hasil kuesioner respon siswa terhadap penggunaan media ajar infografis melalui google classroom mendapatkan rata-rata respon positif sebesar 98,24% sedangkan ratarata respon negatif sebesar 10,83%. Disimpulkan bahwa kemampuan kognitif siswa dapat mengalami peningkatan sesudah diberikan perlakuan menggunakan media ajar infografis dalam pembelajaran di google classroom tersebut. Implikasi penelitian ini dapat menjadi masukan dalam memperbaiki kualitas mengajar melalui penggunaan media ajar dalam pembelajaran. Kata Kunci: Infografis, Google Classroom, Hasil Belajar Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 18 Nov 2020 03:28
Last Modified: 18 Nov 2020 03:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/50029

Actions (login required)

View Item View Item