ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KETENTUAN STANDAR

INDIRA AZ ZAHRA, 165040066 (2020) ANALISIS KESESUAIAN KOMPONEN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERHADAP KETENTUAN STANDAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (294kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (127kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB 1.pdf

Download (182kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB 2.pdf

Download (375kB) | Preview
[img] Text
8. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Text
9. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
10. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Skripsi ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan, diantaranya: (1) Apakah RPP yang telah dibuat oleh guru Biologi di Kabupaten Cianjur telah sesuai dengan strandar proses kurikulum 2013? (2) Apa saja kendala yang dialami guru saat membuat RPP Kurikulum 2013? (3) Bagamaimana persentase kesesuaian komponen RPP terhadap ketentuan standar?. Ketentuan Standar yang digunakan dalam analisis pada skripsi ini mengacu pada Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Standar Proses. Adapun tujuan dalam skripsi ini yaitu menjawab dari rumusan masalah yang ada. Lokasi penelitian berada di daerah Kabupaten Cianjur, kemudian dipilih Sekolah Menengah Atas Negeri yang ada di daerah itu dengan cara purposive sampling.. Dari hasil penelitian, diperoleh jawaban atas rumusan masalah. Pertama, RPP yang telah dibuat oleh guru Biologi di Kabupaten Cianjur telah sesuai dengan standar proses kurikulum 2013, Kedua, Kendala yang seringkali guru alami pada peneliatian ini terletak pada bagian komponen yang banyak, dan kesulitan mengenai HOTS ( Higher Order Thinking skills). Ketiga, Presentase akhir yang didapat dari analisis komponen RPP terhadap kesesuaian standar ini sangat memuaskan dan sesuai dengan yang diharapkan yaitu 95.253% dengan predikat (AB) Amat Baik. Bahkan 3 dari 7 RPP yang diteliti dianggap sempurna karena komponen di dalamnya sudah sangat lengkap dan seduai dengan ketentuan standar. Melalui penelitian ini, harapannya semua guru biologi pada umumnya dan guru biologi di Kabupaten Cianjur pada khususnya dapat belajar dari hasil penelitian RPP Kurikulum 2013 ini. Agar di kemudian hari, guru semakin terpacu untuk meningkatkan kualitas diri dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Kata kunci : RPP, Kurikulum 2013, Biologi

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 07 Nov 2020 03:22
Last Modified: 07 Nov 2020 03:22
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49941

Actions (login required)

View Item View Item