PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI BERFOKUS PADA KONJUNGSI KAUSALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMAGE STREAMING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DARUN NASYA LEMBANG TAHUN AJARAN 2020-2021

NURUL PRATIWI, 165030033 (2020) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN TEKS EKSPLANASI BERFOKUS PADA KONJUNGSI KAUSALITAS DENGAN MENGGUNAKAN METODE IMAGE STREAMING PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP DARUN NASYA LEMBANG TAHUN AJARAN 2020-2021. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
JUDUL.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (187kB) | Preview
[img] Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V SIMPULAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya minat peserta didik dalam keterampilan menulis terutama pada teks eksplanasi. Kurang minat ini disebabkan karena kurangnya kemampuan menuangkan ide dalam bentuk tulisan dan penggunaan metode pembelajaran yang monton. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyajikan teks eksplanasi yang berfokus pada konjungsi kausalitas dengan menggunakan metode image streaming; mengetahui kemampuan peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi berfokus pada konjungsi kausalitas dengan menggunakan metode image streaming dibandingkan kelas kontrol; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi berfokus pada konjungsi kausalitas dengan menggunakan metode image streaming dibandingkan kelas kontrol; mengetahui keefektifan metode image streaming yang digunakan dalam pembelajaran menyajikan teks eksplanasi berfokus pada konjungsi kausalitas dengan menggunakan metode image streaming dibandingkan metode ceramah. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,3 berkategori baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,4 berkategori baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil pretes 22,26 > 16,26 dan rata-rata hasil postes 83,13 > 73,46.. Metode image streaming efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan metode ceramah pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,03. Apabila nilai sig 0,037 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa metode image streaming efektif digunakan pada pembelajaran menyajikan teks eksplanasi berfokus pada konjungsi kausalitas. Kata Kunci: Menyajiakan, Teks Eksplanasi, Konjungsi Kausalitas, Image Streaming

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 07:40
Last Modified: 28 Oct 2020 07:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49868

Actions (login required)

View Item View Item