MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN MULTILITERASI

KARINA LISNA WULANDARY, 165060039 (2020) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI PEMBELAJARAN MULTILITERASI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. FILE COVER.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. FILE LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. FILE ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. FILE ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. FILE ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. FILE BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. FILE BAB II.pdf

Download (244kB) | Preview
[img] Text
8. FILE BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)
[img] Text
9. FILE BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] Text
10. FILE BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img]
Preview
Text
11. FILE DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Masih rendahnya peringkat literasi siswa SD menurut Most Literate Nations in the World dan Progress in International Reading Literacy menandakan pendidikan Indonesia masih tertinggal. Tujuan dari penyusunan skripsi ini adalah untuk mendeskripsikan kajian dalam pembelajaran multiliterasi, kemudian mendeskripsikan kajian dalam pembelajaran berpikir kritis. Selanjutnya bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pembelajaran multiliterasi berpikir kritis dengan peningkatan prestasi siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library reseach) menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam metode ini peneliti akan menganalisis beberapa artikel atau jurnal yang berkaitan dengan judul skripsi. Sumber data yang digunakan adalah buku, jurnal, dan hasil riset (skripsi, tesis) yang keseluruhannya berkaitan dengan kajian multiliterasi kritis di sekolah dasar. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan teknik dokumentasi dan trianggulasi, sedangkan analisis data melalui tahapan reduksi data, display data, dan kesimpulan. Tujuan dari mengajarkan keterampilan berpikir kritis mulai jenjang SD agar siswa mulai terbiasa dengan pola dan konsep dalam berpikir kritis, namun dengan pertimbangan tahap perkembangannya. Untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, guru harus menggunakan strategi pembelajaran yang lebih menekankan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Permasalahan yang selalu dihadapi dalam pembelajaran berpikir kritis yaitu pembelajaran yang tidak menekankan pada upaya pengembangan berpikir kritis. Pembelajaran multiliterasi memberikan efektivitas kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan menulis dan membaca siswa. Untuk meningkatkan berpikir kritis siswa, guru harus menggunakan strategi pembelajaran yang lebih menekankan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Pembelajaran multiliterasi memberikan efektivitas kepada siswa dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Siswa yang belajar dengan pembelajaran multiliterasi memberikan tanggapan positif terhadap model pembelajaran yang telah mempengaruhi kemampuan berpikir kritis dan berpikir kreatif mereka. Guru yang menggunakan model pembelajaran multiliterasi kritis dalam proses pembelajaran akan dapat memberikan respons positif. Kata Kunci: Multiliterasi, Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 07:09
Last Modified: 28 Oct 2020 07:09
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49862

Actions (login required)

View Item View Item