PERANAN PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

DEWI WIDIYANTI, 165060136 (2020) PERANAN PENGGUNAAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK Sunda.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (7kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (420kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB) | Preview
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (479kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (31kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (294kB)
[img]
Preview
Text
DAFPUS.pdf

Download (319kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang sering kali terjadi pada siswa seperti sebagian siswa belum mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM), siswa kurang berperan aktif saat pembelajaran berlangsung, siswa kurang memperhatikan penjelasan guru dan jarang memberikan respon terhadap pertanyaan guru. Kegiatan pembelajaran hanya berpusat pada guru sebagai sumber informasi, tidak ada hubungan timbal balik. Hal tersebut disebabkan karena guru sering menggunakan metode ceramah dan kurang menguasai model pembelajaran yang berpusat pada siswa salah satunya adalah model discovery learning. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka peneliti merumuskan masalah dengan tujuan untuk mendeskripsikan hal-hal yang berkaitan dengan peranan penggunaan model discovery learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi kepustakaan. Berdasarkan hasil pembahasan model discovery learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran dan belajar untuk memecahkan masalah sendiri melalui bimbingan guru, sehingga hasil temuannya bermakna dan meresap dalam ingatannya. Terdapat beberapa langkah penggunaan model discovery learning meliputi kegiatan perencanaan dan pelaksanaan. Dalam kegiatan pelaksanaan meliputi stimulasi, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian, dan generalisasi. Dalam belajar dengan discovery learning siswa dituntuk aktif dalam pembelajaran, adapun aktivitas siswa tersebut meliputi diskusi kelompok, bertanya, observasi, melakukan percobaan, dan memecahkan masalah dalam pembelajaran. Hasil belajar yang diperoleh siswa ketika belajar menggunakan model discovery learning mencakup aspek kognitif (pengetahuan), afektif (sikap), dan prikomotorik (keterampilan). Berdasarkan hasil penelitian terdahulu yang telah peneliti analisis dapat disimpulkan model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 28 Oct 2020 03:08
Last Modified: 28 Oct 2020 03:08
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49846

Actions (login required)

View Item View Item