ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Sri Lestari, 165060179 (2020) ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (327kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (272kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang seringkali terjadi pada siswa seperti hasil belajar siswa yang masih rendah, kegiatan pembelajaran hanya satu arah artinya siswa hanya menerima materi yang disampaikan guru sehingga siswa kurang terlibat dalam proses pembelajaran dan siswa menjadi pasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana konsep model discovery learning di sekolah dasar, hasil belajar siswa menggunakan model discovery learning dan hubungan penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pengumpulan data melalui studi literatur dengan menganalisis beberapa jurnal penelitian terdahulu. Model discovery learning merupakan model pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif dengan menemukan, menyelidiki dan menganalisis sendiri, maka hasil yang diperoleh siswa akan bertahan lama dalam ingatan, siswa juga bisa belajar berfikir analisis dan mencoba memecahkan masalah sendiri yang dihadapi. Pelaksanaan model discovery learning dimulai dengan beberapa langkah yaitu pemberian rangsangan, identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, pembuktian dan terakhir menarik kesimpulan. Hasil belajar menunjukkan rata-rata keseluruhan hasil belajar sebelum menggunakan model pembelajaran discovery learning mendapatkan nilai rata-rata 56,625 setelah menggunakan model pembelajaran discovery learning mendapatkan nilai rata-rata sebesar 80,250 dengan peningkatan rata-rata hasil belajar sebesar 23,625. Hubungan model discovery learning dengan hasil belajar tidak terlepas dari peran guru, peran siswa dan faktor-faktor yang mendukung proses pembelajaran. Dari penelitian yang dilakukan terbukti bahwa model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa sekolah dasar. Kata kunci : Discovery Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 27 Oct 2020 10:58
Last Modified: 27 Oct 2020 10:58
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49811

Actions (login required)

View Item View Item