Regita Indriyani, 165060013 (2020) ANALISIS PEMBELAJARAN DARING MELALUI SOSIAL MEDIA WHATSAPP GROUP (Penelitian Deskriptif Kuantitatif di SDN BALEENDAH Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.PDF Download (28kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN .pdf Download (5kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA .pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS .pdf Download (6kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA .pdf Download (7kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (175kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (179kB) | Preview |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (274kB) |
||
Text
BAB 5 PDF.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (155kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran secara daring merupakan solusi dari adanya masalah pandemi Covid-19 ini yang mengharuskan setiap aktifitas dilakukan dirumah, termasuk aktifitas belajar disekolah. Peraturan pemerintah mengharuskan setiap sekolah belajar dari rumah, maka pembelajaran dilakanakan dirumah secara daring melalui whatsapp group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan whatsapp group efektif untuk pembelajaran daring, apakah terdapat kesulitan yang dialami dalam pembelajaran melalui whatsapp group, dan upaya apa yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik kelas V SDN Baleendah tahun ajaran 2020/2021 untuk mengatasi kesulitan yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengguanakan wawancara dan angket, kemudian datanya diolah menggunakan SPSS. Berdasarkan hasil pengumpulan data angket tentang keefektifan belajar melalui whatsapp group memperoleh rata-rata sebesar 64,81% yang artinya pelaksanaan pembelajaran melalui whatsapp group dapat dikatakan efektif untuk saat ini. Berdasarkan hasil wawancara terdapat kesulitan belajar melalui whatsapp group salah satunya adalah jaringan yang tidak mendukung dan perangkat yang dimiliki siswa kurang memadai. Upaya yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik dalam mengatasi kesulitan tersebut yaitu dengan melakukan pembelajaran secara luring dengan cara pendidik mengunjungi salah satu rumah peserta didik secara berkelompok. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa pembelajaran secara daring melaalui whatsapp group efektif dilaksanakan pada saat pandemi sekarang ini walaupun terdapat kesulitan belajar yang dihadapi peserta didik dan juga pendidik, tetapi masih ada upaya yang dilakukan oleh pendidik dan peserta didik untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Kata Kunci : whatsapp group, deskriptif kuantitatif, efektifitas pembelajaran
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 27 Oct 2020 02:22 |
Last Modified: | 27 Oct 2020 02:22 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49778 |
Actions (login required)
View Item |