Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Alat Kedekatan Emosional Keluarga (Studi kasus Penggunaan grup Whatsapp Keluarga bagi mahasiswa perantau di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan)

Achmad Rizal Wahyu, 162050461 (2020) Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Alat Kedekatan Emosional Keluarga (Studi kasus Penggunaan grup Whatsapp Keluarga bagi mahasiswa perantau di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan). Skripsi(S1) thesis, FISIP UNPAS.

[img] Text
Cover.docx

Download (65kB)
[img] Text
BAB I.docx

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.docx

Download (16kB)
[img] Text
LAMPIRAN.docx

Download (22MB)
[img] Text
LEMBAR PERSETUJUAN.docx

Download (30kB)
[img] Text
ABSTRAK.docx

Download (18kB)
[img] Text
BAB II.docx

Download (51kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Penggunaan Grup Whatsapp Sebagai Alat Kedekatan Emosional Keluarga (Studi kasus Penggunaan grup Whatsapp Keluarga bagi mahasiswa perantau di jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Pasundan)” Media Sosial WhatsApp atau yang biasa disingkat WA sudah menjadi sarana berkomunikasi yang popular saat ini. Di Indonesia pertumbuhan WhatsApp termasuk yang paling tinggi. Berdasarkan hasil pengamatan, rata-rata orang yang memiliki WhatsApp pasti memiliki grup WhatsApp, dan ada yang bertahan untuk tetap berada dalam suatu grup WhatsApp tertentu. Dalam berkomunikasi jarak jauh dan penyebaran informasi serta interaksi dengan tanpa kontak fisik saat ini sedang banyak digunakan oleh semua orang terkhususkan untuk mahasiswa perantau, hal ini untuk memudahkan dalam melakukan apapun yang terpaut dengan waktu sehingga menjadi cepat, tepat dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengalaman penggunaan grup WhatsApp keluarga bagi mahasiswa perantau di jurusan Ilmu Komunikasi UNPAS dan Untuk mengetahui dan mengukur pemanfaatan aplikasi Whatsapp sebagai sarana grup keluarga mahasiswa perantau Ilmu Komunikasi UNPAS. Metode yang digunakan dengan deskriptif kualitatif sedangkan untuk pengumpulan data dengan kepustakaan, internet searching, dokumentasi serta wawancara yang dilakukan secara mendalam. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Fenomenologi Alfred Schutz. Dari hasil penelitian ini menunjukan bahwa Whatapp adalah sosial media yang sangat popular di Indonesia karena fitur-fitur yang tersedia sangat beragam dan berguna untuk peggunanya, salah satu fitur populernya adalah video call secara bersama-sama yang juga sering digunakan oleh mahasiswa perantau dengan keluarganya dan penggunaan grup WhatsApp keluarga didasari oleh jarak antara keluarga khususnya antara orang tua dan mahasiswa perantau serta dengan saudara yang lain, grup Whatsapp keluarga dimanfaatkan sebagai media sharing dan saling memberikan kabar serta media untuk berbagi informasi sehingga tetap terjalin kedekatan emosional anatra perantau dengan saudara-saudaranya meskipun dalam keadaan berjauhan atau berbeda lokasi. Dengan adanya grup WhatsApp ini orang tua tidak perlu khawatir lagi terhadap anak-anaknya yang sedang merantau untuk mengejar gelar sarjana karena grup Whatsapp memudahkan untuk berkomunikasi dan WhatsApp sangat mudah digunakan untuk semua kalangan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi 2016
Depositing User: mr yogi -
Date Deposited: 26 Oct 2020 01:47
Last Modified: 26 Oct 2020 01:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49704

Actions (login required)

View Item View Item