RIRIS SETIOWATI, 165060170 (2020) ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
Cover.pdf Download (109kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (268kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Indonesia.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak Inggris.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
Ringkesan .pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (427kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SL (RIRIS).pdf Download (288kB) | Preview |
|
Text
BAB III SL (RIRIS).pdf Restricted to Repository staff only Download (222kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (192kB) |
||
Text
BAB V SL.pdf Restricted to Repository staff only Download (91kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA full.pdf Download (292kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui model kooperatif tipe scramble berdasarkan hasil literatur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumentasi berupa buku, jurnal, skripsi, dan video dengan tahpan organizing, editing, dan finding. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif berdasarkan kutipan dari penelitian terdahulu. Hasil analisis berbagai literatur pada penelitian ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe scramble dapat menjadi solusi dari permasalahan di kelas. Kegiatan penerapan model kooperatif tipe scramble bervariatif karena dipengaruhi oleh materi ajar, media pembelajaran yang digunakan, dan kreativitas pendidik dalam mendesain pembelajaran. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah belajar menggunakan model kooperatif tipe scramble. Peserta didik menjadi ikut terlibat aktif selama pembelajaran. Selain itu, peserta didik dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi dengan kelompok saat pembelajaran. Peningkatan hasil belajar kognitif berdasarkan tes evaluasi menunjukkan skor nilai dengan kategori sangat baik. Peningkatan terlihat dari perbandingan skor nilai sebelum dan sesudah menerapkan model kooperatif tipe scramble. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V Sekolah Dasar dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar, Studi Kepustakaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Iyas - |
Date Deposited: | 13 Oct 2020 06:18 |
Last Modified: | 13 Oct 2020 06:18 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49097 |
Actions (login required)
View Item |