ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE (Penelitian Studi Literatur)

RIRIS SETIOWATI, 165060170 (2020) ANALISIS PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Indonesia.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ringkesan .pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (427kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II SL (RIRIS).pdf

Download (288kB) | Preview
[img] Text
BAB III SL (RIRIS).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB V SL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA full.pdf

Download (292kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar melalui model kooperatif tipe scramble berdasarkan hasil literatur. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran di kelas V Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode studi dokumentasi. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan mengumpulkan dokumentasi berupa buku, jurnal, skripsi, dan video dengan tahpan organizing, editing, dan finding. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif berdasarkan kutipan dari penelitian terdahulu. Hasil analisis berbagai literatur pada penelitian ini menunjukkan bahwa model kooperatif tipe scramble dapat menjadi solusi dari permasalahan di kelas. Kegiatan penerapan model kooperatif tipe scramble bervariatif karena dipengaruhi oleh materi ajar, media pembelajaran yang digunakan, dan kreativitas pendidik dalam mendesain pembelajaran. Hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan setelah belajar menggunakan model kooperatif tipe scramble. Peserta didik menjadi ikut terlibat aktif selama pembelajaran. Selain itu, peserta didik dapat meningkatkan keterampilan berdiskusi dengan kelompok saat pembelajaran. Peningkatan hasil belajar kognitif berdasarkan tes evaluasi menunjukkan skor nilai dengan kategori sangat baik. Peningkatan terlihat dari perbandingan skor nilai sebelum dan sesudah menerapkan model kooperatif tipe scramble. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model kooperatif tipe scramble dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas V Sekolah Dasar dengan kategori sangat baik. Kata kunci: Model Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar, Studi Kepustakaan.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 13 Oct 2020 06:18
Last Modified: 13 Oct 2020 06:18
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/49097

Actions (login required)

View Item View Item