ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur)

YULI MAULUDIA SARI, 165060089 (2020) ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK DI SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Halaman Judul.pdf

Download (388kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (180kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (353kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I Pendahuluan.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II Tinjuan Pustaka.pdf

Download (251kB) | Preview
[img] Text
BAB III Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] Text
BAB IV Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (389kB)
[img] Text
BAB V Simpulan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (290kB)
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (386kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan pemahaman konsep IPA peserta didik terhadap materi pembelajaran yang disampaikan oleh pendidik kurang memuaskan. Hal ini disebabkan karena pembelajaran yang dilaksanakan kurang bermakna, pendidik menyampaikan materi kepada peserta didik hanya menggunakan metode ceramah, peserta didik hanya akan menyimak penjelasan dari pendidik tanpa terlibat secara langsung pada saat kegiatan pembelajaran, sehingga tidak ada peluang bagi peserta didik untuk melakukan kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi. Pendidik harus mengubah cara pembelaj aran yang dilaksanakan yang pada awalnya menggunakan metode ceramah saja harus menggunakan model pembelajaran lain agar pembelajaran lebih bermakna serta agar peserta didik dapat memahami mengenai materi yang disampaikan oleh pendidik secara maksimal, serta peserta didik pun akan lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan oleh pendidik. Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan adalah model pembelajaran inquiry, karena dengan menerapkan model pembelajaran ini peserta didik akan lebih aktif pada saat kegiatan pembelajaran, karena dalam model ini pembelajaran akan berpusat pada peserta didik bukan lagi pada pendidik, serta peserta didik akan melakukan kegaiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan serta mengkomunikasikan. Kata Kunci: Model Pembelajaran Inquiry, Pemahaman Konsep IPA Peserta Didik.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 02 Oct 2020 06:17
Last Modified: 02 Oct 2020 06:17
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48929

Actions (login required)

View Item View Item