DESI LESTARI, 155030067 (2020) PEMBELAJARAN MENGANALISIS STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PROBLING PROMTING LEARNING PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH AL- INAYAH KOTA BANDUNG TAHUN AJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER PDF.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
halaman pengesahan.pdf Download (50kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (285kB) | Preview |
|
Text
BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (320kB) |
||
|
Text
BAB II KAJIAN TEORI.pdf Download (473kB) | Preview |
|
Text
BAB III METODE PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (545kB) |
||
Text
BAB IV HASIL PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
BAB V SIMPULAN DAN SARAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (186kB) | Preview |
Abstract
Menganalisis sruktur kebahasaan teks eksposisi menggunakan model pembelajaran probling promting learning merupakan pembelajaran yang melatih peserta didik dalam kegiatan membaca dan memecahkan masalah. Peneliti bermaksud untuk mengetahui kemampuan peserta didik dalam proses menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. Permasalahan pada saat ini yaitu peserta didik yang masih merasa kesulitan dalam menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. Desain penelitian yang peneliti gunakan adalah kuasi eksperimen. Adapun hasil penelitiannya, yaitu: (1) Peneliti mampu dalam melaksanakan kegiatan dalam merencanakan, dan melaksanakan pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi dengan menggunakan model probling promting learning. Terbukti hasil dari perencanaan pembelajaran yaitu 3,60 dan memperoleh nilai pelaksanaan pembelajaran yaitu 3,60. (2) Kemampuan hasil belajar peserta didik meningkat dalam mengerjakan pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. Hal ini terbukti dari hasil statistik deskriptif dari uji Independent Sample T-Test untuk postes kelas eksperimen dan postes kelas kontrol yaitu memiliki nilai rata-rata (Mean) pada postes eksperimen sebesar 86,77 dan postes kontrol sebesar 36,96. Maka dapat disimpulkan nilai hasil belajar peserta didik dari kelas eskperimen sama besarnya dengan nilai hasil belajar kelas kontrol (3) Model probling promting learning efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi. Hal ini terbukti karena dilihat dari hasil perhitungan uji N-Gain Score, menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain score untuk kelas eksperimen (model probing promting learning) sebesar 44,58 kategori cukup efektif. Sementara nilai rata-rata N-gain score kelas kontrol (model reciprocal learning) sebesar 45,27 kategori efektif. Kata Kunci : menganalisis, strultur dan kebahasaan, model probling promting learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 02 Oct 2020 03:00 |
Last Modified: | 02 Oct 2020 03:00 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48926 |
Actions (login required)
View Item |