PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Surveipada siswa kelasXI IIS diSMAKartika XIX-1 Bandung Tahun Ajaran 2019-2020)

Muhammad Ribhi Abdillah, 165020007 (2020) PENGARUH LOCUS OF CONTROL TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (Surveipada siswa kelasXI IIS diSMAKartika XIX-1 Bandung Tahun Ajaran 2019-2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
Cover Ribhi.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (111kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (106kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (529kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 2.pdf

Download (323kB) | Preview
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (520kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (103kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (i) gambaran tentang locus of control pada siswa kelas XI IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung (ii) gambaran tentang motivasi belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kartika XIX-1 Bandung, (iii) pengaruh locus of control terhadap motivasi belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kartika XIX-1 Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah survey yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan sampel penelitian berjumlah 59 peserta didik. Analisis yang digunakan adalah analisis verifikatif data melalui perhitungan rata-rata skor dengan bantuan program IBM SPSS Statistics Version 24.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan: (i) locus of control pada siswa kelas XI IIS di SMA Kartika XIX-1 Bandung sebesar 3,83 dengan kategori “baik”, (ii) motivasi belajar siswa kelas XI IIS pada mata pelajaran ekonomi di SMA Kartika XIX-1 Bandung 4,06 dengan kategori “sangat baik”, (iii) adanya pengaruh locus of control terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi sebesar 0,362 atau 36,2% dan sisanya 63,8% dipengaruhi oleh faktor lain. Penulis menyarankan kepada pihak-pihak terkait yakni: (i) bagi sekolah, diharapkan mampu meningkatkan dan mempertahankan kualitas dalam kegiatan pembelajaran, karena selain locus of control (faktor intrinsik) kegiatan pembelajaran (faktor ekstrinsik) juga menjadi salah satu faktor yang dapat mempengaruhi motivasi belajar yang dimiliki oleh siswa (ii) bagi peserta didik, diharapkan siswa dapat menyimak pembelajaran yang diberikan oleh guru dengan baik, dan juga lebih memahami pentingya mempelajari mata pelajaran ekonomi bagi kehidupan sehari-hari, dan (iii ) bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mencari lebih banyak sumber informasi dan referensi lain mengenai locus of control dan motivasi belajar, sehingga hasil penelitian bisa lebih baik lagi. Kata Kunci: Locus of control, motivasi belajar, mata pelajaran ekonomi.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 30 Sep 2020 08:47
Last Modified: 30 Sep 2020 08:47
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48905

Actions (login required)

View Item View Item