Ikrimah, 165060157 (2020) ANALISIS PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR (Penelitian Studi Literatur). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. Cover Skripsi Ikrimah.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
2. Lembar Pengesahan Skripsi Ikrimah.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA SKRIPSI IKRIMAH.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS IKRIMAH.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA IKRIMAH.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
9. BAB I Skripsi Ikrimah.pdf Download (433kB) | Preview |
|
|
Text
10. BAB II Skripsi Ikrimah.pdf Download (341kB) | Preview |
|
Text
11. BAB III Skripsi Ikrimah.pdf Restricted to Repository staff only Download (540kB) |
||
Text
12. BAB IV Skripsi Ikrimah.pdf Restricted to Repository staff only Download (323kB) |
||
Text
13. BAB V Skripsi Ikrimah.pdf Restricted to Repository staff only Download (158kB) |
||
|
Text
14. Daftar Pustaka Skripsi Ikrimah.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur dengan menggunakan metode kualitatif sebagai cara untuk memperoleh data. Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya permasalahan yang seringkali terjadi pada peserta didik seperti kemampuan berpikir kritis peserta didik masih rendah, peserta didik masih mengandalkan hasil pendapat guru dan temannya. Kegiatan pembelajaran hanya satu arah artinya peserta didik cukup menerima materi yang disampaikan guru tanpa ada timbal balik baik itu bertanya ataupun mengemukakan pendapat. Berdasarkan latar belakang tersebut maka peneliti merumuskan masalah dengan tujuan untuk mengetahui konsep model problem based learning, peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar melalui model problem based learning dan hubungan model problem based learning terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar, Model problem based learning merupakan model pembelajaran yang menggunakan masalah nyata sebagai suatu konteks pembelajaran untuk melatih keterampilan dalam memecahkan permasalahan guna meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik. Tujuan model pembelajaran problem based learning untuk memberikan pemahaman penerapan konsep permasalahan nyata dalam pembelajaran serta merangsang peserta didik untuk berpikir kritis. Berpikir kritis merupakan proses berpikir secara logis untuk menganalisis dan mengevaluasi kebenaran dari suatu informasi yang didapatkan. Penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis karena dalam kegiatan pembelajarannya menggunakan masalah yang harus dipecahkan oleh peserta didik dengan ide pemikiran secara kritis. Berdasarkan penelitian yang telah peneliti analisis bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Kata Kunci: Model Problem Based Learning, Berpikir Kritis.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 30 Sep 2020 03:40 |
Last Modified: | 30 Sep 2020 03:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/48889 |
Actions (login required)
View Item |