RIKA PURNAMA SARI, 155060157 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS METODE MONTESSORI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS II SEKOLAH DASAR (Penelitian Quasi Eksperimen di Kelas II SDN Parakan Muncang 1 Kota Sumedang). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (42kB) | Preview |
|
|
Text
lembar pengeahan.pdf Download (56kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak indo.pdf Download (148kB) | Preview |
|
|
Text
abstract.pdf Download (146kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak sunda.pdf Download (147kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I SIAP.pdf Download (449kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II SIAP.pdf Download (406kB) | Preview |
|
Text
BAB III SIAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (307kB) |
||
Text
BAB IV SIAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (654kB) |
||
Text
BAB V SIAP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) |
||
|
Text
DAPUS.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan rendahnya hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Hal tersebut disebabkan karena kurangnya penggunaan media pembelajaran oleh wali kelas pada saat mengajar. Salah satu cara yang bisa digunakan adalah media pembelajaran berbasis metode Montessori. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar siswa kelas II sekolah dasar. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif, dengan desain penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dan sampel pada penelitian adalah peserta didik kelas II A sebagai kelas eksperimen dan II B sebagai kelas kontrol di SDN Parakan Muncang 1 Sumedang. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu lembar observasi dan test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan media pembelajaran berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar siswa kelas II dibandingkan dengan media pembelajaran konvensional, setelah diujikan menggunakan kemampuan pengujian hipotesis independent sample t test dengan hasil perolehan nilai signifikansi 0,000 > 0,05. Adapun hasil perhitungan effect size diperoleh sebesar 2,29 sesuai dengan tabel ketentuan effect size bahwa d > 0,8 (efek sangat besar) d = 2,29 yang artinya dari media pembelajaran yang telah digunakan memiliki skala efek yang sangat besar. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, maka terdapat pengaruh dari media pembelajaran berbasis metode Montessori terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Media Pembelajaran Berbasis Metode Montessori, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Feb 2020 06:32 |
Last Modified: | 18 Feb 2020 06:32 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47544 |
Actions (login required)
View Item |