PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS MEDIA PUZZLE PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP AL FALAH DAGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

ANDRI SANTOSA, NPM. 158090041 (2019) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBASIS MEDIA PUZZLE PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS PROSEDUR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VII SMP AL FALAH DAGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Thesis(S2) thesis, UNIVERSITAS PASUNDAN.

[img] Text
ANDRI SANTOSA_MBI COPY.docx

Download (86kB)
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (33kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB) | Preview
[img] Text
TESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji: (a) mengetahui kemampuan siswa dalam pembelajaran menulis teks prosedur berbasis media puzzle dengan menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament dan kemampuan siswa yang menggunakan model konvensional; (b) mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dan siswa yang menggunakan model konvensional; (c) perbedaan kemampuan siswa menulis teks prosedur di kelas yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dengan kemampuan siswa menulis teks prosedur di kelas yang menggunakan model konvensional; (d) mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dengan kemampuan berpikir kritis siswa di kelas yang menggunakan model konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mix methods tipe the embedded design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Al Falah Dago dan sampel yang dipilih secara acak (random sampling), yaitu kelas VII B sebagai kelas eksperimen, dan kelas VII A sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes dan nontes. Berdasarkan hasil analisis data dan pengujian hipotesis, diperoleh simpulan: (1) kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dibandingkan dengan kemampuan siswa yang menggunakan model konvensional. Hal ini didukung oleh data indeks gain dengan perbandingan 43,56 : 38,5. (2) kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dibandingkan dengan kemampuan siswa yang menggunakan model konvensional. Hal ini didukung dengan perbandingan nilai rata-rata 82,00 : 68,17. (3) pengaruh kemampuan menulis teks prosedur terhadap kemampuan berpikir kritis siswa yang menggunakan model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament berbasis media puzzle dengan siswa yang menggunakan model konvensional. Hal ini didukung dengan perbandingan nilai rata-rata 82,00 : 68,17. (4) terdapat pengaruh antara kemampuan berpikir kritis dan kemampuan menulis teks prosedur dengan nilai koefisien 0,934 pada kelas dengan model Teams Games Tournament dan 0,901 pada kelas dengan model konvensional. Kata kunci : Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament, Teks Prosedur, Media Puzzle, Berpikir Kritis.

Item Type: Thesis (Thesis(S2))
Subjects: RESEARCH REPORT
Divisions: Pascasarjana > S2-Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2018
Depositing User: asep suryana
Date Deposited: 17 Dec 2019 02:41
Last Modified: 09 Oct 2021 06:46
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/47400

Actions (login required)

View Item View Item