PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey Siswa Kelas XI IPS SMAN 23 Bandung)

Pandu Rahardi, 155020059 (2019) PENGARUH KOMPETENSI SOSIAL GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA (Survey Siswa Kelas XI IPS SMAN 23 Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan pandu.pdf

Download (337kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK Indo.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT Inggris.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (296kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
new doc 2019-12-06 14.08.14-20191206140934.pdf

Download (999kB) | Preview
Official URL: https://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan pada penelitian ini ialah: (1) mengetahui kompetensi sosial guru di kelas XI SMAN 23 Bandung. (2) mengetahui motivasi belajar siswa di kelas XI SMAN 23 Bandung. (3) mengetahui pengaruh kompetensi sosial guru terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Ips SMAN 23 Bandung . Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini yaitu kuantitatif, dengan metode survey dan teknik pengumpulan data berupa angket, serta teknik pengolahan data yang dilakukan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas data, analisis regresi linier sederhana dan koefisien determinasi. Hipotesis pada penelitian ini berbunyi “Terdapat pengaruh dari kompetensi sosial guru (X) terhadap motivasi belajar (Y) siswa pada mata pelajaran ekonomi di kelas XI Ips SMAN 23 Bandung.”. Hasil penelitian ini ialah terdapat cukup pengaruh antara variabel X dan variabel Y yaitu sebesar 0,014 atau 1,4%. Hubungan fungsional antara variabel X dan variabel Y maka digunakan analisis regresi linier sederhana dengan hasil perhitungan sebagai berikut: Y = 49,390 + 0,128X artinya bahwa setiap kompetensi sosial guru (variabel X) bernilai 49,390 akan memberikan kontribusi pada motivasi belajar (variabel Y) senilai 0,128. Koefisien determinasi digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel X terhadap variabel Y dengan hasil perhitungan sebesar 1,4%, dan sebagian lainnya sebesar 98,6% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kesimpulan hipotesis penelitian ialah dapat diterima, karena terdapat pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y. Peneliti mempunyai saran untuk pihak-pihak yang terkait yaitu: (1) Bagi siswa, diharapkan siswa memiliki motivasi belajar yang tinggi dengan selalu berkomunikasi yang baik dan memberi respon yang baik pula pada guru; (2) Bagi Guru, diharapkan guru lebih intensif lagi dalam berkomunikasi dan membimbing siswa untuk lebih meningkatkan lagi motivasi belajarnya; (3) Bagi Sekolah, diharapkan mampu memfasilitasi siswa-siswanya dalam kegiatan meningkatkan motivasi belajar, sehingga motivasi belajar dalam diri siswa akan tumbuh dengan sendirinya serta pentingnya kompetensi sosial guru agar guru-guru di Indonesia berkualitas.; (4) Bagi Peneliti Selanjutnya, bagi penelititi lain diharapkan dapat menjadi acuan sebagai bahan penelitian yang serupa tetapi dengan faktor lain selain kompetensi sosial dalam meingkatkan motivasi belajar siswa. Kata kunci : Kompetensi Sosial Guru Terhadap Motivasi Belajar Siswa

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Akuntansi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 25 Oct 2019 11:56
Last Modified: 06 Dec 2019 07:13
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46540

Actions (login required)

View Item View Item