PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERJUANGAN PARA PAHLAWAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV C SDN 128 Haur Pancuh Coblong, Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019)

SITI HADJAR, 145060213 (2019) PENGGUNAAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA PERJUANGAN PARA PAHLAWAN ( Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas IV C SDN 128 Haur Pancuh Coblong, Kota Bandung Tahun Ajaran 2018/2019). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
01. Cover.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
08. Abstrak Bahasa Inggris.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
09. Abstrak Bahasa Sunda.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
07. Abstrak Bahasa Indonesia.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (454kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (938kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (135kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SDN 128 Haur Pancuh Coblong, Kota Bandung dengan subjek penelitian siswa kelas IV C dengan jumlah siswa sebanyak 28 orang, penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa yang rendah dikarenakan kurangnya adanya penggunaan media interaktif yang menyebabkan siswa lambat dalam memahami pelajaran. Dalam menyampaikan pelajaran, guru hanya menggunakan metode pembelajaran ceramah, mencatat dan penugasan untuk pelajaran sehingga terasa membosankan dan menjadikan hasil belajar siswa rendah. Dari segi aktivitas belajar di kelas, suasana belajar berpusat pada guru (teacher centered) itu akan membuat siswa menjadi pasif dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa pada Tema Pahlawanku melalui model pembelajaran Problem Based Learning. Model yang digunakan dalam penelitian ini ada Penelitian Tindakan Kelas dan terdiri dari 3 siklus, setiap siklus terdapat dua pertemuan dengan meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi atau pengamatan dan refleksi, dengan tujuan memperbaiki kualitas pembelajaran agar diperoleh hasil belajar yang optimal. Berdasarkan pengamatan dan refleksi yang dilaksanakan, diperoleh peningkatan hasil belajar dari hasil tes yaitu pada pembelajaran siklus I sebesar 57,14% kemudian pada siklus II sebesar 75% dan pada siklus III mengalami peningkatan yang signifikan yaitu menjadi 89,28%. Sedangkan sikap peduli siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 57,14 % , kemudian pada siklus II sebesar 71,42% , dan kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III yaitu menjadi 85,71% . Sikap tanggung jawab siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 53.57%, kemudian pada siklus II sebesar 75%, dan kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III yaitu menjadi 92,85 %. Dan yang terakhir keterampilan diskusi siswa pada pembelajaran siklus I sebesar 57,14%, kemudian pada siklus II sebesar 71,42%, dan kemudian mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus III yaitu menjadi 89,28 %. Berdasarkan hasil di atas maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV C di SDN 128 Haur Pancuh Kota Bandung. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 25 Oct 2019 08:42
Last Modified: 25 Oct 2019 08:42
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46520

Actions (login required)

View Item View Item