Srinovita Andriani, 155060125 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SDN 230 MARGAHAYU RAYA KOTA BANDUNG (Penelitian Quasi Eksperimen dilakukan di SDN 230 Margahayu Raya Kota Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (4MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA .pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (245kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (383kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (555kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (495kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (296kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (188kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh rendahnya motivasi belajar siswa. Oleh karena itu untuk meningkatkan motivasi belajar siswa peneliti menerapkan sebuah media gamba rdalam proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 230 Margahayu Raya pada kelas IV. Tujuan penelitian ini adalah: Untuk mengetahui pengaruh penggunaan media gambar terhadap motivasi belajar di kelas IV. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah penelitian quasi eksperimen design (eksperimen semu) dengan model desain yang digunakan adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV di SDN 230 Margahayu Raya Kota Bandung dengan jumlah keseluruhan 122 siswa. Dalam pengambilan sampel digunakan teknik purposive sampling, dengan kelas IV C sebagai kelas kontrol dan kelas IV D sebagai kelas eksperimen. Teknik dan instrumen pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah 1) tes, dan 2) angket 3) lembar observasi. Instrumen penelitian berupa angket dan lembar observasi untuk mengukur motivasi belajar siswa dan tes yang berupa posttest untuk mengukur hasil belajar siswa sesudah diberi perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya pengaruh yang signifikan media gambar terhadap motivasi belajar siswa. Hal ini ditunjukkan dengan nilai rata-rata hasil motivasi siswa kelas eksperimen sebesar 88,8% sedangkan pada kelas kontrol sebesar 66,5%. Sedangkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen sebesar 78,4, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 70,4. Kata Kunci : Penggunaan Media Gambar, Motivasi Belajar Siswa.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 25 Oct 2019 08:23 |
Last Modified: | 01 Nov 2019 03:47 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46510 |
Actions (login required)
View Item |