PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V SDN Sekepeuris 02 di Kabupaten Bandung)

Witri Muzami Naidah, 155060071 (2019) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) TERHADAP PROSES DAN HASIL BELAJAR (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Peserta Didik Kelas V SDN Sekepeuris 02 di Kabupaten Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf

Download (149kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (150kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (398kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (366kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (593kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (908kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (256kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (163kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan meningkatkan proses dan hasil belajar peserta didik melalui model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) pada Tema 3 Makanan Sehat dan Subtema 3 Pentingnya Menjaga Asupan Makanan Sehat dengan pelaksanaan penelitian pada kelas V SDN Sekepeuris 02 di Kabupaten Bandung. Penelitian ini dilakukan dengan latar belakang peserta didik memiliki hasil belajar yang masih rendah belum mencapai KBM. Dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dapat memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk aktif di dalam pembelajaran, dapat mengemukakan pendapat dengan percaya diri, dan dapat mudah memahami pembelajaran dengan penyajian materi yang menarik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Pengambilan data melalui observasi dan tes. Tes yang digunakan berupa pretest sebelum diberi perlakuan dan posttest untuk mengambil data hasil belajar setelah diberikan perlakuan. Populasi yang digunakan yaitu kelas VA yang berjumlah 39 peserta didik sebagai kelas kontrol dengan menggunakan metode konvensional dan kelas VB yang berjumlah 39 peserta didik sebagai kelas eksperimen dengan model pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT). Teknik pengolahan data yang dilakukan menggunakan Uji Normalitas, N-Gain, uji independent sample t-test dan Regresi Linear Sederhana. Hasil data dalam penelitian ini terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk kelas eksperimen nilai signifikansi melalui Uji Regresi Linear Sederhana di dapat 0,002 < 0,05 Sedangkan untuk kelas kontrol didapat hasil signifikansi 0,760 > 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) berpengaruh terhadap peoses dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Kooperatif Numbered Head Together (NHT), Hasil Belajar Peserta Didik

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Iyas -
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:27
Last Modified: 25 Oct 2019 07:27
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46472

Actions (login required)

View Item View Item