PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Indra Kartasasmita, 155030117 (2019) PEMBELAJARAN MENYUSUN TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMK NASIONAL TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER FIX.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDONESIA FIX.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGGRIS FIX.pdf

Download (147kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA FIX.pdf

Download (269kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I FIX.pdf

Download (394kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II FIX.pdf

Download (541kB) | Preview
[img] Text
BAB III FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (678kB)
[img] Text
BAB IV FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Text
BAB V FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (179kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Pendidikan adalah kegiatan yang sangat penting untuk menunjang diri dalam menghadapi sebuah persoalan dalam bermasyarakat. maka dari itu pendidikan wajib di laksanakan agar bermanfaat bagi diri sendiri, masyarakat dan negara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan penulis dalam merenca nakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menyusun teks ulasan menggunakan media visual; mengetahui kemampuan peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menyusun teks ulasaan menggunakan media visual dibandingkan kelas kontrol yang tidak menggunakan media visual; mengetahui hasil belajar peserta didik kelas ekperimen dalam pembelajaran menyusun teks ulasan menggunakan media visual dibandingkan kelas kontrol; mengetahui keefektifan media visual yang digunakan dalam pembelajaran menyusun teks ulasan dengan memperhatikan kaidah kebahasaan; dan mengetahui perbedaan keefektifan media visual dibandingkan tidak menggunakan media visual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah eksperimen dengan desain kuasi eksperimental. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain: telaah pustaka, observasi, uji coba, tes, dan analisis. Adapun hasil penelitian yaitu, penulis mampu dalam merencanakan pembelajaran dengan memperoleh nilai sebesar 3,57 berkategori sangat baik, dan mampu melaksanakan serta mengevaluasi pembelajaran dengan memperoleh nilai 3,51 berkategori sangat baik. Kemampuan peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata hasil pretes 35,31 > 33,10 dan rata-rata hasil postes 76,06 > 56,55. Hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih meningkat dibandingkan kelas kontrol dengan hasil peningkatan sebesar 435,00 > 431,00. Media visual efektif digunakan pada kelas eksperimen dibandingkan tidak menggunaka media visual pada kelas kontrol. Hal ini dibuktikan pada Uji Mann-Whitney (Gain) yang membuktikan hasil signifikasi 0,000. Apabila nilai sig 0,000 < 0,05, maka hipotesis diterima. Berdasarkan hasil tersebut peneliti menyimpulkan bahwa media visual efektif digunakan pada pembelajaran menyusun teks ulasan. Kata Kunci: Menulis, teks, ulasan, kebahasaan, media visual.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 19 Oct 2019 03:35
Last Modified: 19 Oct 2019 03:35
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46135

Actions (login required)

View Item View Item