LILI YULIYATI, 155040066 (2019) IMPLEMENTASI MOBILE LEARNING BERBASIS ANDROID MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP SEL. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (208kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (49kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (184kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (183kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK SUNDA.pdf Download (282kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I (PENDAHULUAN).pdf Download (510kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II (KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN).pdf Download (928kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III (METODE PENELITIAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (669kB) |
||
Text
14. BAB IV (HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (907kB) |
||
Text
15. BAB V (SIMPULAN DAN SARAN).pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan latar belakang kemajuan teknologi yang semakin pesat tetapi guru dan peserta didik masih belum maksimal memanfaatkan kemajuan teknologi pada proses pembelajaran. Berdasar kan hasil observasi masih rendahnya penguasaan konsep siswa terhadap materi sel pada tahun ajaran sebelumnya di SMAN 16 Bandung. Hal tersebut dikarenakan materi sel bersifat abstrak, kurangnya jam pelajaran dan keterbatasan kemampuan guru dalam memanfaatkan kemajuan teknologi terutama dalam penggunaan smartphone sebagai media pembelajaran bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perubahan penguasaan konsep siswa pada materi sel di kelas eksperimen dengan mengimplementasikan mobile learning berbasis android sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasi Experiment dengan desain penelitian nonequivalent control group design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes objektif (pilihan ganda) sebanyak 20 soal sebagai data utama. Data hasil penelitian diperoleh dengan pretest dan posttest. Berdasarkan hasil analisis data hipotesis dari posttest menggunakan independent sample t-test nilai signifikansi pada Sig. (2-tailed) yaitu sebesar 0,006 dengan demikian nilai ½ signifikansi < 0,05 maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis (Ha) diterima. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan akhir peserta didik yang signifikan antara pembelajaran dengan implementasi mobile learning berbasis android dengan pembelajaran metode konvensional. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan implementasi mobile learning berbasis android dapat meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada konsep sel. Kata Kunci: Teknologi, Materi Sel, Mobile Learning Berbasis Android, Penguasaan Konsep
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 07:31 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 07:31 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46081 |
Actions (login required)
View Item |