Tri Wahyuni, 145040035 (2019) PENGGUNAAN MULTIMEDIA BERBASIS ANIMASI VIDEO PADA PEMBELAJARAN SISTEM SARAF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 KARAWANG. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text
2. lembar pengesahan.pdf Download (59kB) | Preview |
|
|
Text
7. abstrak indonesia.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
8. abstrak inggris.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
9. abstrak sunda.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (241kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) |
||
Text
17. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (418kB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
19. daftar pustaka.pdf Download (164kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan animasi video pada pembelajaran sistem saraf terhadap hasil belajar siswa di SMA Negeri 4 Karawang. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas XI MIPA-5 SMA Negeri 4 Karawang, yang dijadikan sebagai sampel adalah siswa sebanyak 32 orang siswa dengan menggunakan metode Pre -Experimental Design dengan desain penelittian One-Group Pretest-Posttest Design. Parameter yang diukur adalah aspek kognitif, afektif, psikomotor, dan angket respon siswa. Berdasar kan hasil uji statistik dengan uji t taraf signifikan 0,05 signifikan meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa aktivitas presentasi, tanya jawab, disuksi, dan analisis pada saat implentasi animasi video mengalami peningkatan kemampuan ko gnitif C1 (mengingat), C2 (pemahaman siswa), C3 (pengaplikasian), C4 (kegiatan analisis).terhadap penggunaan medi pembelajaran animasi video. Siswa yang memperoleh peningkatan hasil belajar siswa rata -rata memiliki hasil N-Gain 0,69 dengan kategori sedang dan didapat nilai tertinggi 95 dan nilai terendah 67. Hasil penilaian pada aspek afektif menunjukkan bahwa hasil penilaian mendapatkan rata-rata 3,39 dengan kriteria baik, yang artinya siswa antusias dan aktif dalam menggunakan media pembelajaran animasi video. Hasil penelitian pada aspek psikomotor menunjukkan bahwa hasil penilaian siswa mendapatkan rata-rata 3,44 dengan kriteria baik, yang artinya siswa terampil dan teliti dalam menjelaskan isi video tersebut. Demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran animasi video dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Kata Kunci: Hasil belajar siswa, Sikap, Keterampilan.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 06:56 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 06:56 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46074 |
Actions (login required)
View Item |