SITI MARDIANA, 155040072 (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA KELAS X MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text
2.lembarpengesahan.pdf Download (58kB) | Preview |
|
|
Text
7.Abstrak.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text
8.Abstrak inggris.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
9.Abstrak Sunda.pdf Download (85kB) | Preview |
|
|
Text
14. Bab 1.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
15. Bab 2.pdf Download (476kB) | Preview |
|
Text
16. Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (374kB) |
||
Text
17. Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18. BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
19.DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (136kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Pebayuran. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X SMAN 1 Pebayuran. Sampel Pada Penelitian ini adalah siswa sebanyak 36 orang. Metode yang digunakan .Pre-Exsperimental Design dengan bentuk One Group-Prettest Posttest Design. Parameter yang di ukur adalah aspek kognitif dan psikomotor. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda dengan 30 soal, dan lembar peserta didik Siswa. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh rata-rata 0,52 dengan kategori sedang dan didapat nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 56. Bedasarkan hasil uji statistik dengan uji-t taraf signifikan 0,05 signifikan me ningkatkan hasil belajar siswa, hal ini menunjukkan bahwa pada Model Pembelajaran PJBL seperti aktifitas diskusi, pemecahan masalah, pembuatan proyek dan presentasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir pada level kognitif C1 (Mengingat) C2 (Pemahaman) C3 (Pengaplikasian) C4 (Analisis). Hasil penilaian pada aspek psikomotor dari 7 indikator yaitu mengumpulkan informasi, Menyusun Insturmen, Proses Pembuatan, Teknik pengolahan data, perencanaan, penjadwalan, pembuatan proyek, penilaian penyajian hasil, pada reng nilai 3,54 – 3,86 pada kategori baik dan sangat baik hal ini menunjukkan model pembelajaran project based learning efektip meningkatkan keterampilan (Psikomotor) siswa pada pembelajaran. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model pemebelajaran Porject Based Learning mampu meningkatkan Hasil Belajar dan menjadi feed back (umpan balik) bagi keberhasilan psikomotor peserta didik. Kata Kunci : Model project based learning , Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 18 Oct 2019 06:40 |
Last Modified: | 18 Oct 2019 06:40 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46070 |
Actions (login required)
View Item |