PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA KELAS X MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

SITI MARDIANA, 155040072 (2019) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA KELAS X MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2.lembarpengesahan.pdf

Download (58kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7.Abstrak.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8.Abstrak inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9.Abstrak Sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. Bab 1.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
15. Bab 2.pdf

Download (476kB) | Preview
[img] Text
16. Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
17. Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
18. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
Text
19.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (136kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMAN 1 Pebayuran. Subjek pada penelitian ini yaitu kelas X SMAN 1 Pebayuran. Sampel Pada Penelitian ini adalah siswa sebanyak 36 orang. Metode yang digunakan .Pre-Exsperimental Design dengan bentuk One Group-Prettest Posttest Design. Parameter yang di ukur adalah aspek kognitif dan psikomotor. Instrument pada penelitian ini menggunakan tes pilihan ganda dengan 30 soal, dan lembar peserta didik Siswa. Berdasarkan hasil uji N-Gain diperoleh rata-rata 0,52 dengan kategori sedang dan didapat nilai tertinggi 92 dan nilai terendah 56. Bedasarkan hasil uji statistik dengan uji-t taraf signifikan 0,05 signifikan me ningkatkan hasil belajar siswa, hal ini menunjukkan bahwa pada Model Pembelajaran PJBL seperti aktifitas diskusi, pemecahan masalah, pembuatan proyek dan presentasi mampu meningkatkan kemampuan berpikir pada level kognitif C1 (Mengingat) C2 (Pemahaman) C3 (Pengaplikasian) C4 (Analisis). Hasil penilaian pada aspek psikomotor dari 7 indikator yaitu mengumpulkan informasi, Menyusun Insturmen, Proses Pembuatan, Teknik pengolahan data, perencanaan, penjadwalan, pembuatan proyek, penilaian penyajian hasil, pada reng nilai 3,54 – 3,86 pada kategori baik dan sangat baik hal ini menunjukkan model pembelajaran project based learning efektip meningkatkan keterampilan (Psikomotor) siswa pada pembelajaran. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa model pemebelajaran Porject Based Learning mampu meningkatkan Hasil Belajar dan menjadi feed back (umpan balik) bagi keberhasilan psikomotor peserta didik. Kata Kunci : Model project based learning , Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Biologi 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 18 Oct 2019 06:40
Last Modified: 18 Oct 2019 06:40
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/46070

Actions (login required)

View Item View Item