RAISA BELLA PUSPAGHARINI, 155030044 (2019) PEMBELAJARAN MENYAJIKAN GAGASAN KREATIF TEKS FANTASI DENGAN MEMPERHATIKAN STRUKTUR TEKS MENGGUNAKAN METODE BRAINWRITING PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 10 BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1.COVER.pdf Download (77kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (390kB) | Preview |
|
|
Text
6. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (102kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
14. BAB I.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text
15. BAB II.pdf Download (224kB) | Preview |
|
Text
16. BAB III fixx yo.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
||
Text
17. BAB IV fixxx.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
18. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (66kB) |
||
|
Text
19. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (154kB) | Preview |
Abstract
Menulis teks fantasi merupakan kompetensi dasar yang harus dimiliki oleh peserta didik menengah pertama. Sebuah metode pembelajaran di sekolah dapat memudahkan peserta didik dalam menentukan ide-ide kreatif dalam penulisan. Berdasarkan hal tersebut penulis melakukan sebuah penelitian dengan judul “Pembelajaran Menyajikan Gagasan Kreatif Teks Fantasi dengan Memperhatikan Struktur Teks Menggunakan Metode Brainwriting pada Peserta Didik Kelas VII SMPN 10 Bandung Tahun Pelajaran 2019/2020.” Rumusan masalah yang tercakup dalam penelitian ini adalah, 1) kemampuan penulis dalam merancang, melaksanakan, dan menilai kegiatan pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks fantasi dengan memperhatikan struktur teks. 2) Kemampuan peserta didik kelas VII dalam menyajikan gagasan kreatif teks fantasi dengan memperhatikan struktur teks. 3) Perbedaan hasil belajar peserta didik dalam menyajikan gagasan kreatif teks fantasi, sebelum dan sesudah dilakukannya kegiatan pembelajaran. 4) Keefektifan metode brainwriting dalam pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks fantasi, dan 5) keefektifan metode brainwriting dibandingkan dengan metode diskusi. Hasil dari rumusan masalah tersebut adalah, hipotesis pertama diterima dengan nilai rata-rata perencanaan pelaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kontrol adalah 4,00, dan pelaksanaannya 3,90. Hipotesis dua diterima dengan nilai rata-rata pretes di kelas eksperimen dan kontrol, yakni 10 dan 12,4, juga nilai postesnya masing-masing 77,6 dan 68,9. Hipotesis tiga diterima, dengan hasil statistik Asymp. Sig. (2-tailed) pada wilcoxon signed ranks di kelas eksperimen dan kontrol, yaitu 0,000. Hipotesis empat diterima, hasil uji gain (mann-whitney) dengan nilai Asymp. Sig.(2-tailed) memperlihatkan angka 0,00. Hipotesis lima diterima, dibuktikan dengan N-Gain N-Gain persen kelas eksperimen adalah 75,29, dan di kelas kontrol adalah 63,97. Berdasarkan seluruh hasil tersebut, dapat dikatakan bahwa hasil penelitian yang berhubungan dengan pembelajaran menyajikan gagasan kreatif teks fantasi dengan memperhatikan struktur teks dengan menggunakan metode brainwriting pada peserta didik kelas VII SMPN 10 Bandung tahun pelajaran 2019/2020 dapat dikatakan baik. Kata Kunci: Teks fantasi, gagasan kreatif, pembelajaran, brainwriting
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 11 Oct 2019 03:44 |
Last Modified: | 11 Oct 2019 03:44 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45647 |
Actions (login required)
View Item |