PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X SMK KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Meri Rahayu, 155030065 (2019) PEMBELAJARAN MENGANALISIS ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI MENGGUNAKAN MEDIA VISUAL UNTUK MENINGKATKAN DAYA KREATIVITAS PESERTA DIDIK KELAS X SMK KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. cover cd & fd.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (934kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. ABSTRAK.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. ABSRACT.pdf

Download (348kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. RINGKESAN.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
13. BAB 1.pdf

Download (440kB) | Preview
[img]
Preview
Text
14. BAB II.pdf

Download (566kB) | Preview
[img] Text
15. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (824kB)
[img] Text
16. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
17. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img]
Preview
Text
18. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (291kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Media visual adalah media yang memfokuskan peserta didik dalam sebuah gambar. Media tersebut terbukti efektif untuk pembelajaran teks laporan hasil observasi. Adapun rumusan masalah yang peneliti ajukan adalah: (1) Apakah penulis mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil obsevasi menggunakan media visual pada peserta didik Kelas X SMK Karya Pembangunan Margahayu?; (2) Bagaimanakah kemampuan peserta didik kelas eksperimen dan kelas kontrol sesudah diberikan perlakuan dalam pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil obsevasi menggunakan media visual pada peserta didik Kelas X SMK Karya Pembangunan Margahayu?; (3) Adakah perbedaan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi pada kelas eksperimen dan kelas kontrol?; (4) Efektifkah media visual digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil obsevasi pada peserta didik Kelas X SMK Karya Pembangunan Maragahayu?. Adapun hasil yang didapatkan peneliti dari penelitian tersebut adalah sebagai berikut: (1) Peneliti mampu merencanakan dan melaksanakan pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan menggunakan media visual pada peserta didik kelas X SMK Karya Pembangunan Margahayu; (2) Peserta didik kelas X SMK Karya Pembangunan Margahayu mampu menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi; (3) Hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki perbedaan; (4) Penerapan media visual efektif digunakan dalam pembelajaran menganalisis isi dan aspek kebahasaan teks laporan hasil observasi. Hal ini dapat dibuktikan dengan uji statistik, diperoleh derajat kebebasan yaitu sebesar 25 dengan tingkat kepercayaan 95% ternyata thitung > ttabel, yakni 10,92 > 3,75 pada kelas X MB 1 dan diketahui thitung > ttabel, yakni 5,65 > 3,75 dalam tingkat kepercayaan 95% dan derajat kebebasan 25 pada kelas X MB 2. Berdasarkan data hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis yang diajukan peneliti dapat diterima. Kata kunci: Pembelajaran, Menganalisis, Isi, Aspek Kebahasaan, Teks Laporan Hasil Observasi, Media Visual

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2019 03:02
Last Modified: 10 Oct 2019 03:02
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45593

Actions (login required)

View Item View Item