PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERORIENTASI PADA ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY AND KINESTHETIC (VAK) PADA SISWA KELAS X SMK KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020

ICHA NURRISHA FEBRIANI, 155030060 (2019) PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI BERORIENTASI PADA ISI DAN ASPEK KEBAHASAAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN VISUAL AUDITORY AND KINESTHETIC (VAK) PADA SISWA KELAS X SMK KARYA PEMBANGUNAN MARGAHAYU KABUPATEN BANDUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (25kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRACT.pdf

Download (139kB) | Preview
[img]
Preview
Text
RINGKESAN.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II KAJIAN TEORI DAN KERANGKA PEMIKIRAN.pdf

Download (255kB) | Preview
[img] Text
BAB III Metode Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB IV Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V Simpulan dan Saran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan metode Visual Auditory and Kinesthetic pada pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi berorientasi pada isi dan aspek kebahasaan di kelas X SMK Karya Pembangunan Margahayu tahun pelajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, metode ini diperlukan untuk mencari pengaruh perlakuan tertentu terhadap kemampuan peserta didik dalam suatu pembelajaran. Desain pada penelitian ini adalah quasi eksperimen tipe nonequivalent control group design karena subjek penelitiannya yang heterogen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Karya Pembangunan Margahayu. Sampel pada penelitian ini adalah dua kelas yaitu X MB 3 dan X MB 4. Berkaitan dengan hal tersebut, adapun hasil penelitian ini sebagai berikut. 1) penulis mampu melaksanakan pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi berorientasi pada isi dan aspek kebahasaan dengan menggunakan metode Visual Auditory and Kinesthetic (VAK). Hal ini terbukti dari rata-rata nilai perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran sebesar 3,17. 2) peserta didik kelas eksperimen mampu melaksanakan pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi berorientasi pada isi dan aspek kebahasaan menggunakan metode Visual Auditory and Kinesthetic. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata prates 39,2 dan nilai rata-rata pascates 78,4. 3) peserta didik kelas kontrol mampu melaksanakan pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi berorientasi pada isi dan aspek kebahasaan menggunakan metode Discovery Learning. Hal ini dapat dibuktikan dari nilai rata-rata prates 28,6 dan nilai rata-rata pascates 71,6. 4) metode Visual Auditory and Kinesthetic efektif digunakan dalam pembelajaran mengonstruksi teks laporan hasil observasi berorientasi pada isi dan aspek kebahasaan pada peserta didik kelas eksperimen. Hal tersebut dibuktikan dengan pengambilan keputusan uji mann witney sebesar 0,005 dan nilai signifikan lebih kecil dari < 0,05 maka Ha diterima. 5) perbandingan kemampuan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Visual Auditory and Kinesthetic lebih baik secara signifikan dibandingkan dengan peserta didik yang menggunakan metode pembelajaran Discovery Learning. Kata Kunci: mengonstruksi, teks laporan observasi, isi teks, aspek kebahasaan, metode Visual Auditory and Kinesthetic (VAK).

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Bahasa Indonesia 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 10 Oct 2019 02:39
Last Modified: 10 Oct 2019 02:39
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45588

Actions (login required)

View Item View Item