Anisa Hernawati Utami, 155060048 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING DENGAN METODE SCRAMBLE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA (Penelitian Tindakan Kelas Tema 1 Organ Gerak Hewan dan Manusia Subtema 1 Organ Gerak Hewan pada siswa Kelas V SD Negri 2 Rajamandala Kulon). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (96kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDONESIA.pdf Download (60kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (54kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (89kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Download (65kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (185kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (60kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (79kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilaksanakan di kelas V SDN 2 Rajamandala Kulon yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup ranah kognitif,afektif dan psikomotorik pada Subtema 1 Organ Gerak Hewan dengan menggunakan model pembelajaran Discovery Learning dan metode pembelajaran Scramble. Keadaan siswa yang masih kurang mengerti akan konsep materi yang diajarkan untuk mencapai hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik menyebabkan hasil belajar siswa rendah dan dibawah KKM. Hal tersebut juga disebabkan oleh guru yang sering menggunakan metode ceramah dan membuat pembelajaran terkesan menjadi monoton, guru juga belum menerapkan model pembelajaran Discovery Learning maupun metode Scramble. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan system siklus yang terdiri dari empat tahap yaitu tahap pengamatan, perencanaan,pelaksanaan, dan refleksi pada setiap siklus. Penelitian ini dilakukan dalam tiga siklus dengan menggunakan teknik evaluasi test dan non test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan metode Scramble. Hal tersebut terbukti dengan hasil belajar siswa yang terus mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Discovery Learning dengan menggunakan metode Scramble terbukti dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas V SDN 2 Rajamandala Kulon Subtema 1 Organ Gerak Hewan. Dengan demikian model pembelajaran Discovery Learning serta metode pembelajaran Scramble dapat dijadikan model serta metode untuk diterapkan dalam pembelajaran di kelas. Kata Kunci : Model Discovery Learning, Metode Scramble, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 06:34 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 06:34 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45466 |
Actions (login required)
View Item |