ANGGINI CINCINNATI, 155060032 (2019) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA (Penelitian Quasi Eksperimen Pada Materi Pecahan di Kelas IV SD Negeri Sayuran 02 Kecamatan Dayeuhkolot Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI ANGGINI.pdf Download (26kB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK ind.pdf Download (284kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK eng.pdf Download (280kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK sunda.pdf Download (276kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I .pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II .pdf Download (429kB) | Preview |
|
Text
BAB III .pdf Restricted to Repository staff only Download (506kB) |
||
Text
BAB IV .pdf Restricted to Repository staff only Download (355kB) |
||
Text
BAB V .pdf Restricted to Repository staff only Download (86kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (307kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kemampuan koneksi matematis siswa. Seringkali siswa mengalami kesulitan dalam membedakan pembilang dan penyebut. Siswa kurang menerapkan matematika dalam bidang lain dan dalam kehidupan sehari-hari. Siswa kurang memahami hubungan antar topik matematika. Siswa juga kurang menerapkan hubungan antar topik, dan antar topik matematika dengan topik di luar matematika itu sendiri. Selain itu, dalam materi tersebut siswa kurang merasakan manfaat apa yang diperoleh sehingga cenderung bersifat hafalan saja. Untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis tersebut, dipilih pembelajaran matematika menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) dengan fokus pada materi pecahan. Penelitian ini menggunakan quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Populasi yang digunakan yaitu seluruh siswa kelas IV SD Negeri Sayuran 02 dengan sampel 20 siswa kelas IV / A sebagai kelas kontrol dan 20 siswa kelas IV / B sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai sginifikan dari hasil uji regresi sederhana pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Kelas kontrol yang tidak diberikan perlakuan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) menunjukkan nilai taraf signifikan sebesar 0.000 jika dibandingkan dengan nilai standar SPSS sebesar 0.05, maka hasil uji regresi pada kelas kontrol dinyatakan terdapat pengaruh. Sedangkan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) menunjukkan taraf signifikan sebesar 0.004 jika dibandingkan dengan nilai standar SPSS sebesar 0.05, maka hasil uji regresi pada kelas eksperimen dinyatakan terdapat pengaruh. Dapat diambil keputusan nilai signifikan kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) 0.004 ˂ 0.05 yang artinya Ha diterima dan hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pendekatan contextual teaching and learning (CTL) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa. Kata Kunci: Kemampuan Koneksi Matematis Siswa, Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 05:02 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 05:02 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45460 |
Actions (login required)
View Item |