PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas IV SDN 4 SIJUK Tahun Ajaran 2019/2020).

Windi Apriandi, 155060002 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (Penelitian Tindakan Kelas IV SDN 4 SIJUK Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (507kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INDO.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK INGR.pdf

Download (28kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (226kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (156kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (438kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini berisi tentang penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap tanggung jawab peserta didik kelas IV SDN 4 Sijuk pada subtema kebersamaan dalam keberagaman. Masalah yang dihadapi guru saat ini adalah kebingungan dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat sehingga guru masih menggunakan model pembelajaran konvensional dan kurangnya tanggung jawab peserta didik dalam belajar contonya tanggung jawab untuk mengerjakan tugas. Akibatnya peserta didik menjadi kurang aktif karena jarang dilibatkan dalam pembelajaran, selain itu rendahnya hasil belajar dan sikap tanggung jawab yang diperoleh peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas (PTK), teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu teknik pretest, observasi, angket, posttest dan wawancara. Adapun hasil belajar peserta didik pada siklus I yaitu 50%, hasil belajar peserta didik pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90% dan hasil belajar peserta didik pada siklus III menjadi 95%. Sedangkan sikap tanggung jawab pada siklus I yaitu 30%, sikap tanggung jawab pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 45% dan sikap tanggung jawab pada siklus III menjadi 80%. Melihat hasil yang dicapai dari penelitian ini, dapat membukikan bahwa pembelajaran dengan menerapkan model PBL sangat tepat. Hal tersebut tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil belajar dan sikap tanggung jawab pada setiap siklusnya. Dengan demikian peneliti merekomendasikan kepada guru untuk menggunakan model problem based learning sebagai salah satu model pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan sikap tanggung jawab peserta didik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Hasil Belajar, Sikap Tanggung Jawab

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 08 Oct 2019 04:06
Last Modified: 08 Oct 2019 04:06
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45453

Actions (login required)

View Item View Item