SUTRIA LUMAYUNG, 155050012 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA SMK DENGAN STRATEGI DOUBLE LOOP PROBLEM SOLVING. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text
SURAT PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (521kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (322kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (488kB) | Preview |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (771kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (183kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (308kB) | Preview |
Abstract
Salah satu bentuk kesulitan belajar adalah siswa sulit untuk memecahkan suatu permasalahan atau dengan kata lain tingkat pemahaman siswa rendah, khususnya dalam pemecahan masalah matematis. Selain kemampuan pemecahan masalah, terdapat aspek lain yang juga memberikan pengaruh yaitu aspek psikologis , self confidence dalam matematika haruslah ditanam karena siswa akan cenderung memahami, menemukan, dan memperjuangkan masalah matematika yang dihadapinya. siswa yang dilatih dengan pembelajaran Double Loop Problem Solving (DPLS) ini akan memiliki keterampilan untuk mengelola pemikirannya, sehingga mampu melakukan proses pemecahan masalah maupun pengambilan keputusan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis terhadap siswa yang memperoleh model pembelajaran DPLS; 2) Mengetahui peningkatan self confidence terhadap siswa yang memperoleh model pembelajaran DPLS; 3) Mengetahui hubungan kemampuan pemecahan masalah dan self confidence terhadap siswa yang memperoleh model pembelajaran DPLS. Metode penelitian yang digunakan pada penelitin ini yaitu metode kuasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini siswa SMK Puragabaya Bandung dan kemudian untuk sampel penelitiannya siswa kelas X AK-B sebagai kelas eksperimen yang mendapat pembelajaran dengan model DLPS dan siswa kelas X AK-A sebagai kelas kontrol yang mendapatkan pembelajaran konvensional. Instrumen penelit ian terdiri dari tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self confidence. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran DPLS lebih tinggi dan self confidence siswa lebih baik dari pada siswa yang memperoleh pembelajaran konvensional. Kemudian terdapat korelasi yang positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dengan self confidence siswa yang memperoleh pembelajaran dengan menggunakan model DLPS. Kata kunci: Double Loop Problem Solving (DPLS), kemampuan pemecahan masalah matematis, Self Confedence.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 08 Oct 2019 02:48 |
Last Modified: | 08 Oct 2019 02:48 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45441 |
Actions (login required)
View Item |