DESI PUSPITA GALUH, 155060163 (2019) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cipaku 03 Kec.Paseh Kab.Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
1. COVER SKRIPSI.pdf Download (32kB) | Preview |
|
|
Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (272kB) | Preview |
|
|
Text
3. MOTTO DAN PERSEMBAHAN.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text
4. PERNYATAAN SKRIPSI.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
5. KATA PENGANTAR SKRIPSI.pdf Download (266kB) | Preview |
|
|
Text
7. ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text
8. ABSTRAK BAHASAN INGGRIS.pdf Download (87kB) | Preview |
|
|
Text
9. ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf Download (8kB) | Preview |
|
|
Text
10. DAFTAR ISI SKRIPSI.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
11. BAB I.pdf Download (327kB) | Preview |
|
|
Text
12. BAB II.pdf Download (714kB) | Preview |
|
Text
13. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (852kB) |
||
Text
14. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
15. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (90kB) |
||
|
Text
16. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
17. RIWAYAT HIDUP.pdf Download (97kB) | Preview |
Abstract
Penelitian tindakan kelas dilaksanakan di kelas IV SDN Cipaku 03.Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa melalui model problem based learning dalam pembelajaran tema indahnya kebersamaan subtema kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian ini di latar belakangi dengan keadaan siswa di kelas IV SDN Cipaku 03 yang kurang memiliki kerjasama dikarenakan guru sering menggunakan motode ceramah atau konvensional, sedangkan dengan model pembelajaran lain khususnya Problem Based Learning (PBL) belum pernah dilaksanakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan sistem siklus yang terdiri dari perencaaan, pelaksaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Penelitian dalam setiap siklus dilaksanakan dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang terdiri dari 5 tahap, yaitu 1. Mengorientasi peserta didik terhadap masalah, 2. Mengorganisasi peserta didik untuk belajar, 3. Membimbing penyelidikan individual maupun kelompok, 4. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya, 5. Menganalisi dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Teknik analisis evaluasi yang digunakan pada penelitian ini adalah teknik tes dan non tes. Teknik tes digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa, dan teknik non tes digunakan untuk mengetahui kerjasama siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan kerjasama dan hasil belajar siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase peningkatan kemampuan kerjasama siswa dari siklus I sampai siklus III, yaitu pada siklus I 40%, siklus II 70%, dan siklus III sebesar 85% sedangkan persentase peningkaitan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 40%, siklus II 67% pada siklus III 80% . Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning sangat menunjang terhadap peningkatan kerjasama siswa pada subtema kebersamaan dalam keberagaman di kelas IV Sekolah Dasar. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning dapat dijadikan salah satu model yang diterapkan untuk pembelajaran tematik. Kata Kunci : Problem Based Learning, Kerjasama
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 07 Oct 2019 09:19 |
Last Modified: | 07 Oct 2019 09:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45424 |
Actions (login required)
View Item |