Dikdik Gilang Ramadhan, 155060171 (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA ORGAN GERAK HEWAN (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (37kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INDONESIA.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf Download (27kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK BASA SUNDA.pdf Download (13kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (267kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (358kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (37kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (160kB) | Preview |
Abstract
Permasalahan yang diambil dalam penelitian ini yaitu rendahnya hasil belajar pada siswa kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung. Hal ini didasarkan pada penggunaan model pembelajaran yang masih konvensional dengan metode yang kurang bervariasi sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa karena siswa tidak terlibat aktif dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema organ gerak hewan di kelas V SDN 012 Babakan CIparay Bandung dengan menggunakan model discovery learning. Penelitian yang digunakan dalam pelaksanaannya yaitu menggunakan Penlitian Tindakan Kelas (PTK) model Riel. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Bandung Tahun Ajaran 2019/2020 dengan jumlah siswa sebanyak 40 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tiga siklus dan tiap masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes, serta alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar tes terdiri dari lembar soal pretest dan posttest, lembar non tes terdiri dari lembar observasi sikap rasa ingin tahu, percaya diri, dan keterampilan siswa, lembar observasi kegiatan guru dan siswa selama proses kegiatan belajar mengajar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari adanya peningkatan tiap siklusnya dari hasil belajar siswa, sikap rasa ingin tahu, sikap percaya diri, dan keterampilan siswa. Pada penilaian hasil belajar siklus I 27,5% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 65%, serta siklus III 95% siswa yang tuntas. Pada penilaian sikap rasa ingin tahu siklus I 30%, siklus II 65%, dan siklus III 92%. Pada penliaian sikap percaya diri siklus I 32% siswa dinyatakan tuntas, siklus II 62,5%, dan siklus III 87% siswa dinyatakan tuntas. Serta pada aspek keterampilan siklus I 30%, siklus II 67%, dan siklus III 85%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN 012 Babakan Ciparay Kota Bandung pada subtema Organ Gerak Hewan. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan Kelas
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 05 Oct 2019 08:25 |
Last Modified: | 09 Oct 2019 03:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45368 |
Actions (login required)
View Item |