PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA (Penelitian Quasi Eksperimen pada peserta didik kelas V di SDN 099 Babakan Tarogong Bandung)

WANDA RESTU PERTIWI, 155060075 (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY-TWO STRAY TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA (Penelitian Quasi Eksperimen pada peserta didik kelas V di SDN 099 Babakan Tarogong Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (43kB) | Preview
[img]
Preview
Text
lembar pengesahan.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak inggris.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak sunda.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text
abstrak indonesia.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III.pdf

Download (436kB) | Preview
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (153kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA WANDA R. PERTIWI.pdf

Download (178kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id

Abstract

Keterampilan berbicara menjadi salah satu keterampilan yang perlu dimiliki oleh peserta didik untuk meningkatkan kualitas dirinya sehingga mampu bersaing pada abad 21 ini. Pembelajaran pada kurikulum 2013 sudah menerapkan konsep Student Center yang menuntut peserta didik agar terlibat secara aktif dalam pembelajaran. Berbagai kendala yang terjadi mengakibatkan keterampilan berbicara peserta didik sulit dicapai. Salah satunya adalah penyampaian ilmu yang diberikan pada peserta didik tidak mendukung untuk mengembangkan keterampilan berbicara peserta didik. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran terhadap keterampilan berbicara, maka dilakukan penelitian pada kelas V di SD Negeri Babakan Tarogong Bandung. Penelitian berjenis kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen menggunakan model Two Stay-Two Stray sebagai model eksperimen yang diterapkan pada kelas eksperimen menghasilkan pengaruh sebesar 70,5% terhadap keterampilan berbicara peserta didik dengan uji regresi linear sederhana. Pengaruh yang dihasilkan pun bernilai positif dikarenakan model Two Stay-Two Stray memiliki karakteristik komunikasi antar anggota terjadi secara intens dan saling ketergantungan positif. Sedangkan model Example non Example yang menjadi model pembanding di kelas kontrol menghasilkan pengaruh yang bernilai positif namun hanya sebesar 15,8%. Dikarenakan model tersebut memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan model konvensional. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Two Stay-Two Stray lebih memberikan pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan berbicara peserta didik di kelas V SD Negeri 099 Babakan Tarogong Bandung. Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Two Stay-Two Stray, Pengaruh.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Andi Wijaya
Date Deposited: 05 Oct 2019 07:25
Last Modified: 05 Oct 2019 07:25
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45357

Actions (login required)

View Item View Item