PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA 2 KEBERSAMAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik KelasIV Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020)

Ai Ani Suryani, 155060124 (2019) PENERAPAN MODEL INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SUBTEMA 2 KEBERSAMAN DALAM KEBERAGAMAN (Penelitian Tindakan Kelas pada Peserta Didik KelasIV Sekolah Dasar Negeri Ciheuleut 01 Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2019/2020). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. PENGESAHAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INDOESIA.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA INGGRIS.pdf

Download (78kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK BAHASA SUNDA.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. BAB I.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
10. BAB II.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
11. BAB III.pdf

Download (234kB) | Preview
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
13. BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img]
Preview
Text
14. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB) | Preview
Official URL: http://fkip.unpas.ac.id/

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui model inkuiri terbimbing dalam pembelajaran tematikpada tema I indahnya kebersamaan dan subtema 2 kebersamaan dalam keberagaman. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV A SDN Ciheuleut 01 Kabupaten Bandung. Peneltian dilatarbelakangi oleh keadaan peserta didik di kelas IV A SDN Ciheuleut 01 yang tidak aktif dalam pembelajaran dikarenakan guru hanya menggunakan metode ceramah, padahal guru sudah mengetahui berbagai model pembelajaran, namun tidak digunakan dan tidak dikembangkan, terutama pada model inkuiri terbimbing yang belum pernah digunakan. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 3 Siklus. Dalam tiap siklusnya dilaksanakan kegiatan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang terdiri dari 6 tahap yaitu, Orientasi, merumuskan masalah, merumuskan hipotesis, mengumpulkan data, menguji hipotesis danmerumuskan kesimpulan. Berdasarkan hasil pengelolahan data dari hasil observasi menghasilkan peningkatan pada pengetahuan, sikasp santun, sikap peduli dan keterampilan. Berdasarkan observasi aktivitas sikap santun peserta didik setiap siklusnya mendapatkan perolehan nilai. Siklus I sebesar 53%, siklus II sebesar 71% dan siklus III sebesar 88%. Sikap peduli, siklus I sebesar 35%, siklus II sebesar 82% dan siklus III sebesar 91%. Keterampilan, siklus I sebesar 32%, siklus IIsebesar 68% dan siklus III sebesar 94%. Sedangkan untuk Pengetahuannya siklus I sebesar 12% dengan rata-rata nilai 62, siklus II sebesar 24% dengan rata-rata nilai 70 dan siklus III sebesar 94% dengan rata-rata nilai 80 dengan kategori sangat baik (A). Maka dapat kita simpulkan bahwa penerapan model inkuiri terbimbing sangat menunjang terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi(S1))
Subjects: S1-Skripsi
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018
Depositing User: Mr Bayu Anggi Pranata
Date Deposited: 04 Oct 2019 09:28
Last Modified: 04 Oct 2019 09:28
URI: http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45336

Actions (login required)

View Item View Item