RIMA DINAR TIARASARI, 155060066 (2019) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PERCAYA DIRI DAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN TEMATIK (Penelitian Tindakan Kelas Tema Indahnya Kebersamaan Subtema Kebersamaan dalam Keberagaman pada Peserta Didik Kelas IV di SD ASSALAAM Bandung). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER SKRIPSI.pdf Download (36kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (623kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INDO.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK INGGRIS.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK SUNDA.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 2.pdf Download (226kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 3.pdf Download (427kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA SKRIPSI.pdf Download (133kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilator belakangi hasil observasi awal pada Kelas IV salah satu SD di Kecamatan Lengkong Kabupaten Bandung. Terdapat masalah pada proses pembelajaran sehingga menyebabkan rendahnya rasa percaya diri dan hasil belajar. Karena pembelajaran masih berfokus pada metode ceramah dan belum menggunakan model yang melibatkan peserta didik secara aktif. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan Model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas IV A yang berjumlah 21 siswa pada tahun 2019/2020. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart (dalam Dadang Iskandar dan Narsim, 2015:1). Penelitian ini dimulai dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I, peseta didik yang menunujukkan rasa percaya diri mencapai 28,57% dan hasil belajar mencapai 33,33%. Pada siklus II peserta didik yang menunujukkan rasa percaya diri mencapai 71,42% dan hasil be lajar mencapai 71,42%. Dan pada siklus III peserta didik yang menunjukkan rasa percaya diri mencapai 90,47% dan hasil belajar mencapai 85,71%. Berdasarkan hasil penelitian diatas, dapat disimpulkan bahwa model Discovery Learning dapat meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar pada subtema Kebersamaan dalam Keberagaman. Model discovery learning ini direkomendasikan bagi guru SD untuk diimplementasikan karena terbukti dari penlitian ini bahwa model discovery learning mampu meningkatkan rasa percaya diri dan hasil belajar serta efektif dan menyenangkan sehingga peserta didik lebih aktif dan kreatif dalam pembelajaran. Kata kunci: Discovery Learning, Rasa Peracaya Diri, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > PGSD 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 04 Oct 2019 02:19 |
Last Modified: | 04 Oct 2019 02:19 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45301 |
Actions (login required)
View Item |