SUKAMIL, 155050002 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS DAN SELF-REGULATED-LEARNING SISWA SMK MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN CONCRETE-PICTORIAL-ABSTRACT (CPA). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
COVER.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (57kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (182kB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRACT.pdf Download (181kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (420kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (633kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (841kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (184kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (295kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pencapaian peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) mengetahui self-regulated-learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) mengetahui korelasi antara kemampuan representasi matematis dan self-regulated-learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuasi eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes. Populasi dalam kajian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK MPV Ars Internasional Bandung. Untuk sampel penelitiannya terdiri dari 2 kelas. Diperoleh kelas X-TSM sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) dan kelas X-TIK3 sebagai kelas kontrol yang mendapatkan model pembelajaran ekspositori. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan representasi matematis dan skala Self-Regulated-Learning. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan IBM SPSS Statistics 23.0 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peningkatan kemampuan representasi matematis siswa yang memperoleh pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Self-regulated-Learning siswa yang memperoleh model pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) Terdapat korelasi antara kemampuan representasi matematis dan self-regulated-learning siswa yang memperoleh model pembelajaran Concrete-Pictorial-Abstract (CPA). Kata Kunci: Concrete-Pictorial-Abstract, kemampuan representasi matematis, self-regulated-learning
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 08:43 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 08:43 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/45290 |
Actions (login required)
View Item |