YULIANTI PRATIWI, 155050036 (2019) PENERAPAN MODEL PROBLEM CENTERED LEARNING (PCL) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN SELF-AWARENESS SISWA SMP. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
3. COVER FIX.pdf Download (34kB) | Preview |
|
|
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text
4. ABSTRAK.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text
5. ABSTRACT.pdf Download (84kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB I (1-11) FIX.pdf Download (246kB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB II (12-24) FIX.pdf Download (332kB) | Preview |
|
|
Text
8. BAB III (25-44) FIX.pdf Download (655kB) | Preview |
|
Text
9. BAB IV (45-61) terbaru.pdf Restricted to Repository staff only Download (687kB) |
||
Text
10. BAB V (62).pdf Restricted to Repository staff only Download (84kB) |
||
|
Text
11. DAFTAR PUSTAKA FIX.pdf Download (224kB) | Preview |
Abstract
Kemampuan pemecahan masalah matematis sangat penting dimiliki siswa dalam memahami matematika, namun pada kenyataanya kemampuan pemecahan masalah matematis masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah masalah kesadaran diri atau Self-awareness siswa dalam mengikuti pembelajaran matematika yang masih rendah. Salah satu alternatif pembelajaran yang dapat memberikan pengaruh baik terhadap kemampuan pemecahan matematis dan Self-awareness siswa adalah model Problem Centered Learning. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (2) mengetahui apakah Self-awareness siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) mengetahui apakah terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-awareness siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Indonesia Raya Bandung kelas VII tahun ajaran 2018/2019. Sampel diambil dari dua kelas yang dipilih secara acak yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan jenis instrumen tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan intrumen non tes angket Self-awareness. Berdasarkan hasil analisis data dan temuan penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa (1) kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih tinggi daripada siswa yang memperoleh pembelajaran konvesional. (2) Self-awareness siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran konvensional. (3) terdapat korelasi positif antara kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-awareness siswa yang memperoleh model Problem Centered Learning. Berdasarkan hasil penelitian bahwa penerapan model Problem Centered Learning dapat memberikan pengaruh baik terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan Self-awareness siswa. Kata kunci : Model Problem Centered Learning, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Self-awareness, Pembelajaran Konvensional.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 28 Sep 2019 02:30 |
Last Modified: | 28 Sep 2019 02:30 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/44583 |
Actions (login required)
View Item |