LILIS RISMAWATI, 155050007 (2019) PENINGKATAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN MATEMATIS DAN SELF-EFFICACY SISWA SMA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN RELATING, EXPERIENCING, APPLAYING, COOPERATING, TRANSFERING (REACT). Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.
|
Text
cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Lembar Pengesahan.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
ABSTRAK indo.pdf Download (166kB) | Preview |
|
|
Text
abstrak inggris.pdf Download (165kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (225kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (283kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (814kB) | Preview |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (89kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (215kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Mengetahui self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) Mengetahui terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dan desain kelompok kontrol pretest-posttest. Subjek dalam penelitian ini adalah SMA Pasundan 7 Bandung. Adapun objek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA II yang dijadikan sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X MIPA I yang dijadikan sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa soal uraian tes kemampuan pemahaman matematis dan angket self-efficacy. Data yang terkumpul kemudian diolah menggunakan program SPSS 23.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (2) Self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) lebih baik daripada siswa yang memperoleh model pembelajaran ekspositori; (3) Terdapat korelasi positif antara kemampuan pemahaman matematis dan self-efficacy siswa yang memperoleh model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Dengan demikian, model pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) dapat dijadikan salah satu alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran matematika di kelas. Kata Kunci: Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT), Self-efficacy, Model Pembelajaran Ekspositori.
Item Type: | Thesis (Skripsi(S1)) |
---|---|
Subjects: | S1-Skripsi |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Matematika 2018 |
Depositing User: | Mr Bayu Anggi Pranata |
Date Deposited: | 19 Sep 2019 05:25 |
Last Modified: | 19 Sep 2019 05:25 |
URI: | http://repository.unpas.ac.id/id/eprint/43745 |
Actions (login required)
View Item |